PENGEMBANGAN MEDIA OTAK KATA TEMA PERTANIAN BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung menggunakan metode ceramah. Berdasarkan analisis kebutuhan pada tujuh sekolah belum menyediakan media dan sangat membutuhkan media. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui validitas Media Otak Kata (MEDOKA) dan, mengetahui kepraktisan penggunaan Media Otak Kata (MEDOKA) pada Tema Pertanian kelas III Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah Kelas III SD Negeri Ngablak 0l sebagai kelas uji coba produk dengan jumlah siswa 30 menggunakan kelompok besar dan kelompok kecil, serta Kelas III SD Negeri Ngablak 02 sebagai kelas uji coba produk dengan jumlah siswa 17. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development atau penelitian pengembangan menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil analisis pada validasi ahli materi 86,7%, dua ahli media 98,3% , angket tanggapan SD Negeri Ngablak 01 88,46%, SD Negeri Ngablak 02 69,29%, angket guru SD Negeri Ngablak 01 86,6% dan SD Negeri Ngablak 02 69,23%. Menunjukkan MEDOKA valid dan praktis dalam tema pertanian materi energi. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan MEDOKA praktis dan valid sebagai motivasi, minat, dan keefektifan belajar siswa SD Kelas III. MEDOKA digunakan untuk media pembelajaran yang baru.
Kata Kunci: R&D; ADDIE; MEDOKA, pertanian
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2015. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Asyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Re-frensi Jakarta.
Ensa, Hikmatun Nisa. 2015. Pengembangan Media Puzzle Pada Konsep Pengukuran Bangun Datar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV MI Al Mufidah Wongsorejo Banyuwangi. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Ibrahim Malang.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogya¬karta : Gava Media.
Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Kurikulum Tematik Untuk SD/MI. Jogjakarta : Diva Press.
Kadir, Abd dan Hanun Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digi-tal. Bogor : Ghalia Indonesia.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakar-ya.
Mufarrokah, Anisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Teras.
Putra, Nusa. 2013. Research and Development. Jakarta : PT Grafindo Persada.
Pramesti, Jatu. 2015. Pengembangan Media Pup-Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD Negeri Pakem 1. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Pribadi, Benny A. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT Dian Rakyat.
Kasmoyo, Ratna. (dkk). 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Pening-katan Hasil Belajar Siswa di Kelas III SDN Mire. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 5, Nomor 2.
Rohman, Hifni. 2011. Pengertian KTSP. Hipni.blogspot.com/2011/09/pengertian-ktsp.html?m=1. Diakses 3 November 2016.
Sadiman, Arief S. (dkk). 2011. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif – Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.
Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Sudharto, (dkk). 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : FIP IKIP PGRI Sema-rang.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.
UU No. 20 tahun 2003. 2008. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.
Wikipedia. 2016. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_Tingkat_Satuan_Pendidikan. Diakses 3 November 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.