Educator Equity Policy in The Era of Decentralization: A Triple Helix Approach Model
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, J., Adnan, A. A., Hanafi, M., & Qamaruddin, Y. (2020). Triple helix and decentralization approach: Management of school operational assistance funds. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4826–4834. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081054
Aini, M. (2022). Desentralisasi Pendidikan Madrasah Melalui Otonomi Daerah Di Indonesia. Ulumudin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12, 95–106.
Al Mustaqim, D. (2023). Peran Pendidikan Profesi Guru untuk Meningkatkan Profesionalitas dan Kualitas Pembelajaran di Indonesia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 168–176. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i02.224
Alonso-García, S., Aznar-Díaz, I., Cáceres-Reche, M. P., Trujillo-Torres, J. M., & Romero-Rodríguez, J. M. (2019). Systematic Review of Good Teaching Practices with ICT in Spanish Higher Education Trends and Challenges for Sustainability. Sustainability (Switzerland), 11(24). https://doi.org/10.3390/su11247150
Amalianita, B., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Penerapan sistem pendidikan disentralisasi serta upaya peningkatan mutu layanan dengan pengembangan profesionalisme guru bimbingan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 6(1), 9–14. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29210/3003737000 Contents
Amirudin. (2018). Analisis Problematika Otonomi Pendidikan. Kariman, 06(1), 99–108.
Bartoloni, S., Calò, E., Marinelli, L., Pascucci, F., Dezi, L., Carayannis, E., Revel, G. M., & Gregori, G. L. (2022). Towards designing society 5.0 solutions: The new Quintuple Helix - Design Thinking approach to technology. Technovation, 113(September 2020). https://doi.org/10.1016/j.technovation.2021.102413dxw
BPS. (2024). Persentase Penduduk Berumur 15 tahun Ke Atas menurut Daerah Tempat Tinggal, Jenis Kelamin, dan Jenjang Pendidikan tertinggi Yang Ditamatkan, 2009-2023.
Brem, A., & Radziwon, A. (2017). Efficient Triple Helix collaboration fostering local niche innovation projects – A case from Denmark. Technological Forecasting and Social Change, 123, 130–141. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.01.002
Dewi, T. L., & Sholeh, M. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 302–311.
Hidayat, N. M. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sekolah Bermutu (Studi Kasus Peningkatan Mutu Pengelolaan Sekolah di SMP Islam Terpadu Harapan Umat Karawang).
Ideh, & Abung. (2022). Sekolah Penggerak Dan Peranan Kepala Sekolah.
Ismabela, J. (2019). The Impact of Zoning System to Student Achievement and School Innovation. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 387(Icei), 292–294.
Koswara, & Rasto. (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61–71.
Maisyanah, M. (2018). Analisis Dampak Desentralisasi Pendidikan Dan Relevansi School Based Management. Quality, 6(2), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i2.5773
Mashudi, A. (2018). Kebijakan PPDB Sistem Zonasi SMA / SMK dalam Mendorong Pemerataan Kulitas Sumberdaya Manusia di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 21(E), 186–206. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.327
Munawiroh, M. (2020). Evaluasi Penyelenggaraan Program 5000 Doktor : Studi Kasus Pada Institut Ptiq Jakarta the Evaluation of Implementation Program of 5000 Doctors : EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(2), 204–220. https://doi.org/https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i2.614
Ridha, A. (2021). Desentralisasi Pendidikan (Sebagi Upaya Pemerataan Pendidikan). El-Rusyd : Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 127–148.
Ridwan, I. (2021). Kebijakan Desentralisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikam Karakter “JAWARA,” 7, 87–110.
Rizki, S. F. (2017). Pengalihan Kewenangan Penyelenggaraan Pendidikan Menengah Dari Pemerintah Kabupaten/Kota Kepada Pemerintah Provinsi : (Studi Kasus Persiapan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah ). Journal of Politic and Government Studies, 6(2), 171–180.
Roni, A., Irwan, R., Riyana, R. Y., Hadi, Y. A., & Ramdhani, S. (2021). Implementation Of E-Learning Based On Learning Management System Using Discovery Learning Method For Students With Disabilities. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–11.
Saifuddin, R. (2019). Improving The Quality Of Education Through Policy Synergy Between The Province , District , And City Goverments. Inovasi Pembangunan – Jurnal Kelitbangan, 7(3), 253–264.
Santosa, A. B. S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 14–20. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004
Septia, D., Kuswidyanarko, A., Imansyah, F., Guru, P., Dasar, S., Studi, P., & Olahraga, P. (2022). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Capcut Bagi Guru SDN 14 Banyuasin 1. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12.
Setyaningsih, K. (2017). Esensi Tranformasi Sistem Sentralisasi-Desentralisasi Pendidikan. Journal of Islamic Education Management, 3(1), 76–94.
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I, 183–190.
Simatupang, P. (2011). Efektivitas Implementasi dan Dampak Kebijakan dalam Konteks Desentralisasi Pemerintahan. Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 1–9.
Siraj. (2017). Pendekatan Sistem Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Manajemen Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan, X(2), 1–14.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Sulistyowati, D., & Si, M. (2017). Pengalihan Kewenangan Pendidikan Menengah Pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (Studi Kasus : Tata Kelola Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Journal of Politic and Government Studies, 8(2).
Sumarsyah, Putera, W., & Ekha, R. (2021). Implementasi Kebijakan Pengalihan Kewenangan Pendidikan Menengah Dari Pemerintah Kabupaten / Kota Ke Pemerintah Provinsi ( Studi Di Provinsi Sumatera Barat ). Jurnal Niara, 13(2), 37–45.
Sumartono, & Huda, N. (2020). Manajemen Pendidikan Di Indonesia Sebagai Implementasi Triple Helix Untuk Mempersiapkan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Andi Djemma, 3(1), 74–79.
Sumuweng, I. O. (2017). Dampak Beralihnya Kewenangan Penyelenggara Urusan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Dari Pemerintah Kabupaten Ke Pemerintah. Jurnal Politico, 10(1), 1–7.
Villarreal, O., & Calvo, N. (2015). From the Triple Helix model to the Global Open Innovation model: A case study based on international cooperation for innovation in Dominican Republic. Journal of Engineering and Technology Management - JET-M, 35, 71–92. https://doi.org/10.1016/j.jengtecman.2014.10.002
Wahyudi, M. A., & Lutfi, A. (2019). Analysis of Education Reforms in Realizing even Distribution of Quality Education in Indonesia. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 9(2), 191–201. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jap.v9i2.2921
Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.
Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2), 130–136.
Refbacks
- There are currently no refbacks.