TEXT-MARKING, AN ALTERNATIVE WAY IN TEACHING READING REPORT TEXT

Lusiana Prihastiwi, Martono Martono, Teguh Sarosa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  (1) Peningkatan kemampuan siswa dalam membaca report text dan (2) Keadaan kelas saat text-marking diimplementasikan pada pembelajaran membaca siswa kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta tahun 2014/2015. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan mulai 1 Pebruari-22 Mei 2015. Setiap siklus penelitian terdapat langkah  planning, acting, observing, dan reflecting. Data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, survei, observasi dan data kuantitatif yang diperoleh melalui pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi textmarking dapat meningkatkan kemampuan membaca report text siswa dan keadaan kelas. Nilai rata-rata siswa diperoleh dari lima indikator membaca, yaitu: (a) menemukan ide pokok dan topik, (b) menentukan rujukan ,(c) menentukan makna kata berdasarkan konteks, (e) menemukan informasi tersurat dan rinci, dan (f) menemukan informasi tersirat meningkat. Peningkatan keadaan kelas meliputi (a) siswa fokus dalam proses pembelajaran, (b) siswa menjadi aktif dan antusias sehingga keadaan kelas kondusif, (c) siswa termotivasi untuk berdiskusi tentang kesulitan belajar dengan siswa lain maupun guru. Nilai rata-rata meningkat pada pretes (63,4), postes 1 (77,7), dan postes 2 (81,5).

Keywords

kemampuan membaca; report text; text-marking

Full Text:

PDF

References

Adler, M.J., and Doren, C.V. (1972).How to Read a Book. New York: Simon and Schuster, Inc.

Mikulecky, B.S., and Jeffries, L. (2007). Advanced Reading Power: Extensive Reading, Vocabulary Building, Comprehension Skills, Reading Faster. New York: Pearson Education, Inc.

Miles, M.B., and Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis. California: SAGE Publications, Inc.

Patel, M.F., and Jain, P.M. (2008).English Language Teaching (Methods, Tools, Techniques). Jaipur: Sunrise Publishers and distributors.

Tomal, Daniel R. (2003).Action Research for Educators. Maryland: The Scarecrow Press, Inc.

Toulmin’s, Stephen E, (2010).Marking the Text, Avid Weekly. Online: 21th February. available at http://LiteracyTA.com, accessed on 26th February 2015, pp 11-13.

Woolley G, (2011).Reading Comprehension: Assisting Children with Learning Difficulties, available at http://www.springer.com accessed on 26th February 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.