PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT PLANNING OBSERVE, PLANNING, OBSERVE, EXPLAIN, WRITE (P2OEW) PADA MATERI PENCEMARAN DI SMA

Andini Dewi Sekarningrum, Sajidan Sajidan, Sarwanto Sarwanto

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan model pembelajaran P2OEW pada materi pencemaran, (2) efektivitas produk model pembelajaran P2OEW pada materi pencemaran terhadap hasil belajar, (3) perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran P2OEW pada materi pencemaran. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang dimodifikasi, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) melakukan perencanaan, (3) mengembangkan bentuk produk awal, (4) melakukan ujicoba terbatas, (5) melakukan revisi terhadap produk utama,
(6) uji coba lapangan, dan (7) melakukan revisi terhadap produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan model pembelajaran P2OEW  berkategori sangat baik setelah dilakukan uji coba lapangan; (2) peningkatan hasil belajar siswa cukup signifikan, yaitu dalam kategori sedang setelah diterapkan model pembelajaran P2OEW; (3) ada perbedaan hasil belajar siswa setelah dilakukan uji secara statistik, yaitu perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah dilakukan model pembelajaran P2OEW.

Keywords

model pembelajaran; P2OEW; pencemaran

Full Text:

PDF

References

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational Research an Introduction. New York: Longman.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori – teori Belajar. Bandung: Gelora Aksara Pratama.

Depdiknas. 2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains. Jakarta: Pusat Perbukuan.

__________. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh Model Silabus SMA. Jakarta: BSNP.

Hake, R.R. 1998. “Interactive-engagement methods in introductory mechanics courses”, dalam Physics Ed. Res Supplement to Am. J. Phys.

Huinker, D. dan Laughlin, C. 1996. “Talk Your Way into Writing In P. C. Elliot, and M. J. Kenny (Eds)”, dalam Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. USA: NCTM.

Juniati. 2009. “Penerapan Strategi Pembelajaran Probex untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah, Tahun Pelajaran 2007/2008 pada Konsep Kalor”, dalam Berkala Fisika Indonesia. 1(2): 32-39.

Kemendikbud. 2013. Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mundilarto. 2005. “Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Sains”, dalam PPM Terpadu SMPN 2 Mlati. Yogyakarta: 20 Agustus 2005.

NSES. 2000. Inquiry and the National Science Education Standards. Washington, DC: National Academy Press.

Pannen, P. 2005. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. PAU-PPAI Jakarta: Universitas Terbuka.

Permatasari, O. I. 2011. “Keefektifan Model Pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) Berbasis Kontekstual dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Pokok Bahasan Tekanan” dalam Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Rahayu, S, Widodo, AT, dan Sudarmin. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE Berbantuan Media I am Scientist”, dalam Journal of Curriculum and Educational Technology. 2(1): 128-133.

Raminah. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMAN 3 Pemalang dengan Metode Pembelajaran Probex (Predict-Observe-Explain) melalui Umpan Balik Kuis. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Samosir, H. 2010. Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain-Write

(POEW) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Kalor dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis PPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Suparno, P. 2007. Metode Penelitian Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

White, R. & Gunstone, R. 1992. Probing understanding. London: The Falmer Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.