IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIFITAS BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X-MIA2 SMA NEGERI 1 SOE

Adrianus Amsikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penera¬pan pendekatan scientific problem based oriented untuk meningkatkan prestasi belajar siswa  kelas 10 jurusan  Sains  (10  MIA  2)  SMA  Negeri  1  Soe  khususnya  dalam  pembelajaran  Staitic Fluida. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini, penelitian tindakan kelas dilakukan dengan  subyek  adalah  32  siswa.  Hasilnya  menunjukkan  bahwa;  1)  dalam  melakukan siklus kebakaran, skor rata-rata siswa adalah 70,35 atau sama dengan 2, 81 atau 59, 38% dari prestasi belajar siswa Pada siklus kedua, skor rata-rata yang diperoleh adalah 84, 99 atau sama dengan 3, 40 atau 90, 63% dari prestasi belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus satu menunjukkan bahwa ada 37, 00 dan pada siklus dua adalah  40, 00 atau ada 8, 11% peningkatan  kegiatan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan  pendekatan  saintifik  melalui  pembelajaran berbasis  masalah  pada  kelas  10  Sains  2  (10  Mia  2)  dapat  meningkatkan  nilai  belajar siswa dan aktivitas belajar dalam kaitannya dengan Pelajaran Statis Fluida pada mata pelajaran Fisika. di tahun akademik 2014/2015..  

Kata Kunci:  Pendekatan Ilmiah, Hasil Belajar, Kegiatan Belajar, Pembelajaran Ber- basis Masalah.

Full Text:

PDF

References

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al- gesindon.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Arikunto, Suharsimi.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi

Arikunto, S.et. al. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar.Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994.Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Depdiknas.

Dimyatidan Mudjiono.2013.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Ghufron, M. N danRisnawita, S. R. 2013. Gaya BelajarKajian Teoritik. Yogyakarta: PustakaPelajar

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Uni- versitas Gajah Mada. Yoyakarta.

Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi

Hamalik, Oemar. 1994. Metode Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Haryadi, Bambang. 2009.Fisika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat perbukuan

Hasibuan.J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda- karya.

Karli, Hilda dan Margaretha, S.Y. (2002). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompe- tensi. Bandung : Bina Media Informasi.

Karya.

Majid, A. 2009.Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Matematika Sekolah Unesa

Medriati,R.2013.Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta didik Pada Konsep CahayaKelas VII6 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Berbasis Laboratorium di SMPN 14 Kota Bengkulu. Prosiding Se- mirata FMIPA Universitas Lampung.

Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.

Mudyahardjo,R.2010. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar Dasar

Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya :Pusat Sains dan

Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan diI ndonesia. Jakarta : Rajawali Pers. Ngalimun.2013. Strategi danModel Pembelajaran. Yogyakarta :Aswaja Pressindo

Permendiknas No. 81A tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Putra,S.R.2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta:DIVAPress

Rusman.2011.Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ja- karta:PT RajaGrafindo

Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta:BumiAksara

Sanjaya,W.2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan .Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosda

Supriyati, Ydan Anitah, W. S. 2007. Strategi Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka

Tim Penelitian Proyek PGSM.(1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Re- search). Jawa Tengah : tidak diterbitkan.

Trianto.2011. Mendesain ModelPembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group UGM.

Wardani, I. G. A. K. et. al. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wena,M.2013.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:Bumi Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.