PROFIL DAN RELEVANSI LULUSAN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN DENGAN KEBUTUHAN KERJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil dan relevansi lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan lulusan S1 Kependidikan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (JPTM FTUNY). Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh lulusan S1 JPTM FT UNY tahun lulus 2011-2014. Data diambil dengan angket, wawancara melalui telepon dan snowball sampling. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan S1 JPTM telah mendapat pekerjaan dengan rata-rata masa tunggu 4 bulan. Bidang pekerjaan terdiri dari pendidik, wirausaha, karyawan yang tidak terkait dengan bidang teknik mesin, dan karyawan yang terkait dengan bidang teknik mesin. Sebagian besar lulusan bekerja di industri bidang teknik mesin. Kesesuaian relevansi lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja mencapai angka 88%). Lulusan lebih banyak bekerja disektor industri.
Kata kunci: Profil lulusan, kompetensi, pendidikan teknik mesin.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Dardiri. (2011). Diversifikasi Kompetensi Lulusan Pendidikan Dan Latihan Vokasi untuk Lebih Kompetitif. Teknologi Dan Kejuruan, (34) 1, 91 – 104.
Cohen R. N. (2004). Introducing tracer studies: Guidelines for implementing Tracer Studies in early childhood programmes. Diakses tanggal 22 Oktober 2011,dari http:// www.bernardvanleer.org
Saliman, dkk., (2015). Tracer Study Jurusan Pendidikan IPS Pemetaan Dan Identifikasi Keterserapan di Dunia Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2014. JIPSINDO. 1(2), 83 – 100.
Setiya Fakhrulisah dan Tamsil Muis. (2016). Studi Penelusuran (Tracer Study) Alumni Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Tahun Wisuda 2000-2004. Jurnal BK UNESA, (6) 1.
Thomas Sukardi. (2011). Studi Penelusuran Lulusan S1 Kependidikan Fakultas Teknik Univer¬sitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 20(2), 196 – 201.
Ugwuonah, G.E. & Omeje, K.C. (1998). Higher education and the demands of manpower devel¬opment in the Nigerian manufacturing sector: An empirical study of Enugu and Anambra States. Diakses 19 Oktober 2011, dari http://erepo.usiu.ac.ke/bitstream/handle/-11732/1582/ugwomej.pdf? sequence=2&isAllowed=y
USAID. (1998). Tracer Studies. Diakses pada tanggal 9 Agustus 2011, dari http://pdf.usaid.gov/pdf_docs/PNACP405.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.