PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar kimia dengan model predict-observe-explain (POE) dan metode praktikum pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian tindakan kelas ini ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model dan metode yang diterapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan (siklus I 64,3% dan siklus II 78,6%) dan prestasi belajar kimia siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan (pada siklus I, aspek pengetahuan 53,6% dan siklus II menjadi 78,6%; siklus I, aspek sikap 89,3% dan siklus II menjadi 96,4% ; dan aspek keterampilan sebesar 100% pada siklus I).
Kata kunci: model predict-observe-explain (POE), metode praktikum, rasa ingin tahu, prestasi belajar kimia
Full Text:
PDFReferences
Annisa, D.N., Masykuri, M., & Yamtinah,S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, And Explanation) dan Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam, Basa dan Garam Kelas VII Semester 1 SMP N 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Pendidikan Kimia (JPK),2(2):16-23.
Dalziel, J. (2010). Practical eTeaching Strategies for Predict – Observe – Explain Problem-Based Learning and Role Plays. Sydney: LAMS International.
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Farikha, L.I. (2015). PenerapanModel Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Disertai Eksperimen pada Materi Pokok Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4 (4): 95-102.
Haysom, J. & Bowen, M. (2010). Predict, Observe, Expalin (POE) Activities Enhancing Scientific Understanding. Arlington: National Science Teachers Association.
Kala, N., Yaman, F., & Ayas, A. (2012). The Effectiveness ofPredict-Observe–ExplainTechnique in Probing Students’ Understanding about Acid–Base Chemistry: A Case for the Concepts of pH, pOH, and Strength. International Journal of Science and Mathematics Education, 11: 555-574.
Karamustafaoglu, S. & Naaman, R.M. (2015). Understanding Electrochemistry Concepts using the Predict-Observe-Explain Strategy. Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11 (5): 923-936.
Kemendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Imple-mentasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidi¬kan dan Kebudayaan RI.
Ma’rifatun, D., Martini, K.S., &Utomo, S.B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explaint(POE) Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3 (3): 11-16.
Moleong, L.J. (2014). MetodologiPenelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Osodo, J. & Tlala, K.M. (2014). The Effect of Predict-Observe-Explain Strategy on Learners’ Misconceptions about Dissolved Salts. Journal of Social Sciences, 5 (4): 300-310.
Puriyandari, D., Saputro, A.N.C, &Masykuri, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Prediction, Observation And Explanation (POE) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 1 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia(JPK), 3 (1):24-30.
Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Schunk, D.H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective (Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan) (6th Ed.). Terj. Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku asli diterbitkan 2012).
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Konsep Dasar). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Teerasong, S., Chantore, W., Ruenwongsa, P., & Nacapricha, D.. (2010). Development of a Predict-Observe-Explain Strategy for Teaching Flow Injection at Undergraduate Chemistry. International Journal of Learning, 17 (8): 137-150.
Thalib, S.B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
UNESCO. (2015). EFA Global Monitoring Report 2015. Paris : UNESCO Publishing.
Uno, H.B. (2007). Teori Motivasidan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.