PENGEMBANGAN SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Dwi Noviasih Pratama, puguh karyanto, joko ariyanto

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan efek­tivitas perangkat Subject Specific Pedagogy berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengem­bangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Hasil penelitian ini adalah perangkat SSP berbasis PBL dikembangkan menggunakan komponen pembelajaran berbasis masalah dengan materi spesifik berdasarkan lima dimensi ekologi NEP, ke­layakan perangkat SSP berbasis PBL yang dikembangkan berkategori sangat layak, pencapaian hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa mengalami pening­katan dan dari uji statistik diketahui bahwa nilai sig. hasil belajar kognitif = 0,031 (< 0,05) dan nilai sig. sikap peduli lingkungan siswa = 0,000 (< 0,05) menun­jukkan adanya perbedaan hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa sebelum dan setelah diterapkan perangkat SSP berbasis PBL.

Kata kunci: subject specific pedagogy, problem based learning, sikap peduli lingkungan, NEP

Full Text:

PDF

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes , 179-211.

Amburgey, J. W., & Thoman, D. B. (2011). Dimensionality of the New Ecological Paradigm: Issues of Factor Structure and Measurement. Environment and Behavior, 20 (10) , 1-22.

Arbuthnott, K. D. (2009). Education for Sustainable Development Beyond Attitude Change. International Journal of Sustainability in Higher Education, 10 (2) , 152-163.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dunlap, R. E. (2008). The New Environmental Paradigm Scale: From Marginality to Worldwide Use. Journal of Environmental Education, 40 (1) , 3-18.

Dunlap, R. E., Liere, K. D., Mertig, A. G., & Jones, R. E. (2000). Endorsement of the New Ecological Paradigm: A Revised NEP Scale. Journal of Social Issues, 56 (3) , 425-442.

Handriani, D. P. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar IPA Materi Lingkungan Kelas VII H SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS (hal. 1201-1206). Surakarta: Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Hebel, F. L., Montpied, P., & Fontanieu, V. (2014). What Can Influence Students’ Environmental Attitudes? Results from a Study of 15-year-old Students in France. International Journal of Environmental & Science Education, 9 (3) , 329-345.

Husna, S., Abdullah, & Nurmaliah, C. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning pada Konsep perusakan dan Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Sabang. Jurnal EduBio Tropika, 1 (2) , 61-120.

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Khanafiyah, S., & Yulianti, D. (2013). Model Problem Based Instruction pada Perkuliahan Fisika Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 , 35-42.

Kollmuss, A., & Agyeman, J. (2002). Mind the Gap: why do people act environmentally and what are the barriers to pro-environmental behavior? Environmental Education Research, Vol. 8, No. 3 , 239-260.

Ogunbode, C.A. (2013). The NEP scale: measuring ecological attitudes/ worldviews in an African context. Environ Dev Sustain 15, 1477-1494.

Pratama, A. (2013, Mei 14). Lensa Indonesia. Dipetik Februari Rabu, 2016, dari Lensa Indonesia: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/14/survei-terbaru-ternyata-masyarakat-indonesia-tidak-peduli-lingkungan.html

Priadi, M. A., Sudarisman, S., & Suparmi. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning Melalui Metode Eksperimen Laboratorium dan Lapangan Ditinjau dari Keberagaman Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Inkuiri, 1 (3) , 217-226.

Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.

Rosita, A., Sudarmin, & Marwoto, P. (2014). Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Green Chemistry Materi Hidrolisis Garam untuk Mengembangkan Soft Skill Konservasi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2) , 134-139.

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1 (1) , 9-20.

Stern, P. C. (2000). Toward a Coherent Theory of Environmentally Significant Behavior. Journal of Social Issues, 56 (3) , 407-424.

Susilowati, M., Rizki, D. A., Putri, R., & Putri, A. (2013). Pengembangan Subject Spesific Pedagogy untuk Pembelajaran IPA Terintegrasi Menggunakan Model Project Based Learning, Problem Based Learning, Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. UNY: FMIPA.

Tan, O. S. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Singapore: Cengage Learning.

Tan, O. S. (2004). Enhancing Thinking Through Problem Based Learning Approaches. Singapore: Cengage Learning.

Teodorescu, R. E., Bennhold, C., Feldman, G., & Medsker, L. (2014). Curricular Reforms that Improve Students’ Attitudes and Problem-Solving Performance. European J of Physics Education, 5 (1) , 15-54.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children Sourcebook. Indiana: Indiana University Bloomington.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, B. (1999). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi.

Widyastuti, Y. (2014). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2) , 178-191.

subject spesific pedagogy, problem based learning, sikap peduli lingkungan, NEP

Refbacks

  • There are currently no refbacks.