Peran pendidikan kewirausahaan dalam membangun niat ecopreneurship di kalangan mahasiswa pendidikan
Abstract
Pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu pendekatan proaktif yang baik untuk memotivasi generasi muda agar bisa menjadi seorang wirausaha, namun mempertimbangkan kelestarian lingkungan juga perlu dalam mendirikan usaha sehingga muncullah konsep ecopreneruship. Tujuan penelitian ini menyelidiki hubungan antara pendidikan kewirausahaan dengan niat ecopreneurial mahasiswa pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling yang mendapatkan data 306 mahasiswa UNS dan UNNES yang telah menyelesaikan program pendidikan kewirausahaan. Teknik pengambilan data menggunakan angket yang hasilnya diteliti menggunakan PLS-SEM. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan mempunyai dampak yang cukup besar dan positif terhadap niat ecopreneurship di kalangan mahasiswa pendidikan. Oleh karena itu, studi ini mendukung tujuan pembangunan yang lebih umum berkaitan dengan pendidikan dan kelestarian lingkungan dan juga menawarkan data faktual yang menggambarkan bagaimana pendidikan kewirausahaan mendorong praktik bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.
The role of entrepreneurship education in building ecopreneurship intentions among education students
Abstract: Entrepreneurship education serves as a valuable proactive approach to inspire the younger generation to become entrepreneurs. However, it is also crucial to consider environmental sustainability when establishing a business, leading to the emergence of the concept of ecopreneurship. The purpose of this study is to investigate the relationship between entrepreneurship education and ecopreneurial intentions of education students. The method used in this study is quantitative with a sampling technique, namely simple random sampling, which obtained data from 306 UNS and UNNES students who had completed the entrepreneurship education program. The data collection technique used a questionnaire whose results were examined using PLS-SEM. The findings show that entrepreneurship education has a significant and positive impact on ecopreneurship intentions among education students. Therefore, this study supports the more general development goals related to education and environmental sustainability and also offers factual data that illustrates how entrepreneurship education encourages environmentally responsible business practices.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.