Kajian Bibliometrik: Tren riset kompetensi pedagogik dalam pangkalan data Scopus

Rahmani Himayatillah, Lismawati Lismawati

Abstract

Peningkatan kualitas kompetensi pedagogik guru menjadi aspek krusial dalam menunjang efektivitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi arah dan perkembangan penelitian mengenai kompetensi pedagogik guru berdasarkan publikasi yang terindeks dalam basis data Scopus. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan kriteria inklusi berupa artikel ilmiah berbahasa Inggris yang dipublikasikan pada rentang tahun 1978–2025. Prosedur penelitian mencakup: (1) penentuan kata kunci melalui kajian pustaka, (2) pencarian data menggunakan Boolean operator di Scopus dengan filter bahasa dan dokumen, serta (3) analisis data menggunakan R, RStudio, Microsoft Excel, dan visualisasi melalui VOSviewer. Hasil menunjukkan terdapat 677 publikasi relevan, dengan puncak publikasi pada tahun 2024. Amerika Serikat menjadi negara dengan kontribusi tertinggi, afiliasi terbanyak berasal dari The Education University of Hong Kong, dan penulis paling produktif adalah Galarce-Miranda, C. Temuan ini mengindikasikan meningkatnya perhatian global terhadap kompetensi pedagogik. Penelitian ini memberikan peta literatur yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan keilmuan dan praktik peningkatan kompetensi pedagogik guru serta menjadi dasar bagi studi lanjutan.

 

Bibliometric Review: Trends in Competency Pedagogy Research in Scopus Databases

 

Abstract: Improving the quality of teachers' pedagogical competence is a crucial aspect in supporting the effectiveness of learning and student achievement. This study aims to identify the direction and development of research on teachers' pedagogical competence based on publications indexed in the Scopus database. The method used is bibliometric analysis, with inclusion criteria consisting of English-language scientific articles published between 1978 and 2025. The research procedure includes: (1) determining keywords through literature review, (2) data retrieval using Boolean operators in Scopus with language and document filters, and (3) data analysis using R, RStudio, Microsoft Excel, and visualization through VOSviewer. The results show 677 relevant publications, with a peak in 2024. The United States contributed the most publications, with the highest number of affiliations from the Education University of Hong Kong, and the most productive author being Galarce-Miranda, C. These findings indicate a growing global focus on pedagogical competence. This study provides a concise overview of the literature that can be utilized for academic development and practical improvement of teachers’ pedagogical competence, while also serving as a foundation for future research.

Keywords

Kompetensi Pedagogik; Analisis Bibliometrik; VOSviewer

Full Text:

Fulltext PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.