Pengaruh media video terhadap keterampilan menari tari persembahan Bengkulu pada siswa kelas V

Dwi Anggraini, Ike Kurniawati, Aisyah Aldini Utami

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video terhadap keterampilan menari tari Persembahan pada siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian matched only control group pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara informasi skor posttest baik pada kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen mengenai penggunaan media video. Hasil ini dibuktikan melalui program SPSS 24 yang menunjukkan hasil analisis inferensial yang memiliki nilai thitung (2,271) > ttabel (2000). Nilai Sig. (2-tailed) adalah (0.027) < (0.05). Nilai rata-rata keterampilan menari pada kelompok eksperimen adalah (19.22), sedangkan pada kelompok kontrol adalah (18.21). Perbedaan skor tersebut terjadi karena adanya perlakuan yang berbeda pada saat pembelajaran, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh media video terhadap keterampilan menari Tari Persembahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu.


The effect of video media on the dance skills of Bengkulu offering dance for class V students

 

Abstract: The purpose of this study is to ascertain the impact of video media on the dancing skills of Persembahan dance in class V students of SD Negeri Gading Cempaka District, Bengkulu City. This kind of study is quantitative with a quasi-experimental method and a matched-only design of the pretest-posttest control group. The results of this study show that a distinction exists between the post-test score information for both the control group and the experimental group regarding the use of video media. This result is proven through the SPSS 24 program, which shows the inferential analysis's findings, which had a value of tcount (2.271) > ttable (2000). Sig value. (2- tailed) is (0.027) < (0.05). The average score for the dancing skills in the test group was (19.22Conversely, the control group's was (18.21). The difference in scores occurs because there is different treatment during learning, hence, it may be said that there is an influence of video media on the dancing skills of Persembahan Dance in Class V Students of State Elementary School, Gading Cempaka District, Bengkulu City.

Keywords

Dance Skills; Persembahan Dance; Video Media

Full Text:

Fulltext PDF

References

Anggraini, D. D., Hasnawati, H., & Agusdianita, N. (2018). Pelatihan tari persembahan bagi Guru SDN 47 Kota Bengkulu. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 111-120.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Gava Media.

Devi, M. Y., Desyandri, D., & Mayar, F. (2022). Pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Tari Kijang untuk meningkatkan keterampilan menari bagi siswa kelas VI SDN 19 Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10803-10809. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4142

Hasanudin, C. (2017). Media pembelajaran: Kajian teoritis dan kemanfaatan. Deepublish Publisher.

Iriani, Z. (2012). Pengantar seni tari dan gerak dasar. Unipma Press Universitas PGRI Madiun

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen kelas (classroom management) guru profesional yang inspiratif. Kreatif, menyenangkan dan berprestasi. Bandung: Alvabeta.

Metalin, A. M. I. P. A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan media pembelajaran Powerpoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49-54.

Mudasir. (2011). Manajemen kelas. Zanafa Publishing.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan seni tari anak usia dini. Gava Media

Setiawan, A. (2019). Mengembangkan nilai karakter dan keterampilan 4C anak melalui pendidikan seni tari di masa revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2), 193–211.

Sudjana, N. (2019). Media pengajaran. Sinar Baru Algesindo

Suwitri, R., Novitasari, A., & Effendi, R. (2021). Pengaruh media audio visual terhadap keterampilan gerak tari siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4700-4707.

Winarni, E.W. (2018). Teori dan praktik penelitian kuantitatif kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Bumi Aksara.

Wijaya, K. A. (2016). Pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio-visual dalam mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Seni Tari, 5(1), 1-10.

Yusran, S., Yanti, D., Ino, L., (2019). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni Tari Tradisional Lumense Kelas VIII SMP Negeri 16 Poleang Tengah. Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya, 4(2), 286-846.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.