Penerapan metode brainstorming guna mencegah kasus bullying di sekolah dasar
Abstract
Tingginya angka kasus bullying di Indonesia yang menempati peringkat kelima dunia menimbulkan banyak dampak negatif sehingga menuntut adanya metode pencegahan yang efektif, terutama di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode brain-storming berbasis ilmu pedagogik pada guru sekolah dasar untuk mencegah terjadinya kasus bullying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif-deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 20 orang guru yang bertugas di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung. Data yang diperoleh berasal dari teknik wawancara yang dikemas da-lam metode brainstorming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode brain-storming telah berjalan efektif dan mampu menciptakan ruang diskusi yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi para guru. Melalui metode brainstorming ini, guru dapat menyampaikan gagasan yang dimilikinya secara bebas tanpa adanya intervensi dari orang lain dengan mengangkat pembahasan berkualitas yaitu (1) pengalaman guru dalam menghadapi kasus bullying, (2) pengetahuan guru mengenai bullying dan (3) penanganan guru terhadap kasus bullying. Sehingga dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni, guru dapat mengoptimalkan perannya dalam mencegah kasus bullying yang terjadi di sekolah dasar.
Application of brainstorming method to prevent bullying cases in elementary school
Abstract: The high number of bullying cases in Indonesia, which ranks fifth in the world, has caused many negative impacts, demanding the need for effective prevention methods, especially in elementary schools. This research aims to implement a pedagogy-based brainstorming method among elementary school teachers to prevent bullying cases. This is a qualitative research using a qualitative-descriptive method. The participants in this study were 20 teachers serving in one of the State Elementary Schools in Bandung City. The data was obtained from interview techniques packaged in a brainstorming method. The research results findings indicate that the implementation of brainstorming method has been effective in creating a safe, comfortable, and fun discussion environment for teachers. Through this brainstorming method, teachers can freely express their ideas without intervention from others by raising high-quality discussions on (1) teachers' experiences in dealing with bullying cases, (2) teachers' knowledge about bullying, and (3) teachers' handling of bullying cases. Thus, equipped with adequate knowledge and experience, teachers can optimize their role in preventing bullying cases in elementary schools.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Afni, N., Suarni, N, K., Margunayasa, I, G., & Nurgufriani, A. (2024). Dampak bullying terhadap perkembangan emosional siswa sekolah dasar. indonesian Journal of Education and Learning, 7(2), 23-35. https://doi.org/10.31002/ijel.v7i2.1191
Aulia, L. R., Kholisoh, N., Rahma, V. Z., Rostika, D., & Sudarmansyah, R. (2024). Pentingnya pendidikan empati untuk mengurangi kasus bullying di sekolah dasar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(1), 71-79. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.291
Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(2), 64-68.
CNN. (2024). Viral bullying siswa SD di Indramayu, ditelanjangi dan ditendang. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240306191837-12-1071340/viral-bullying-siswa-sd-di-indramayu-ditelanjangi-dan-ditendang
Dachi, O., & Telaumbanua, B. (2022). Peran guru mendampingi siswa korban bullying. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 15(2), 99-105. https://doi.org/10.26905/mlj.v1i2.5494
Fadhallah, R, A. (2021). Wawancara. Jakarta: UNJ Press.
Fahham, A, M. (2024). Kekerasan pada anak di satuan pendidikan. https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/isu_sepekan/Isu%20Sepekan---I-PUSLIT-Februari-2024-190.pdf
Habsy, B, A., Widyastutik, D, R., Nafisah, C, A., & Senja, A, T, F. (2024). Efektivitas metode problem based learning dengan brainstorming dalam bingkai bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Pancasila tingkat sekolah dasar. TSAQOFAH, 4(3), 1816-1835. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i3.3007
Hamzah., Manafe, H. A., Kaluge, A. H., & Niha, S. S. (2023). Bentuk dan faktor penyebab bullying: studi mengatasi bullying di madrasah aliyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 481–491. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1968
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
Harahap, W., Zebua, E., & Damanik, H, R. (2023). Pengaruh teknik brainstorming terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara. IMEIJ: Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 785-789. http://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.300
Hikmat, R., Yosep, I., Hernawaty, T., & Mardhiyah, A. (20204). A scoping review of anti-bullying interventions: Reducing traumatic effect of bullying among adolescents. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 289-304, https://doi.org/10.2147/JMDH.S443841
Jihadi, M, R. (2022). Guru sebagai suri tauladan bagi muridnya. Thesis Commons. https://doi.org/10.31237/osf.io/37y4q
Junindra, A., Fitri, H., Desyandri, D., & Murni, I. (2022). Peran guru terhadap perilaku bullying di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133-11138. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4204
Kotb, A, G. (2016). Effect of brainstorming program on teaching skills for student’s teacher. Journal of Applied Sports Science, 6(1), 47-51.
Muryani, S., Wibowo, N. Y., Widodo, Y. P., & Widhiastuti, R. (2023). Pelaku dan korban bullying siswa sekolah dasar di wilayah Kabupaten Tegal. PrimA: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 9(2), 8-15. https://doi.org/10.47506/p4rfw119
Muspita, A., Nurhasanah, N., & Martunis, M. (2017). Analisis faktor-faktor penyebab perilaku bullying pada siswa SD Negeri Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(1), 31-38.
Paulus, O, B., & Kenworthy, J, B. (2019). Effective brainstorming. The Oxford Handbook of Group Creativity and Innovation, 287-305.
Perez, D, J. (2024). Effects of bullying on elementary school students. Capstone Projects and Master’s Theses, 1-32.
Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2021). Analisa penyebab bullying dalam kasus pertumbuhan mental dan emosional anak. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 21-26. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6255
Rachma, A. W. (2022). Upaya pencegahan bullying di lingkup sekolah. Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241-257. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837
Sarifuddin. (2021). Penerapan bimbingan klasikal dengan metode brainstorming atau curah pendapat untuk meningkatkan pemahaman konseli generasi Z pada topik dampak smartphone dan media sosial di kelas XII MIPA. 1 Semester 1 SMAN 4 Kota Bima tahun pelajaran 2020/2021. JPPI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 305-315. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.80
Setiowati, A., & Dwiningrum, S, I, A. (2020). Strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengatasi tindakan bullying. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 188-196.
Siahaya, S. K. V. (2021). Penegakan hukum terhadap pelaku penindasan atau bullying di sekolah. Lex Crimen, 10(3),236-246.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabaeta.
Sutriyawan, A., & Sari, I, P. (2020). Perbedaan focus group discussion dan brainstorming terhadap pencegahan bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Karangtengah. Window of Health: Jurnal Kesehatan, 3(1), 38-48. https://doi.org/10.33096/woh.v3i1.562
Trisnani, R, P., & Wardani, S, Y. (2016). Tindakan bullying di sekolah. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 1-11.
Wahyuanto, E., Giantorom E., Widodo, J, D,T., & Yuniar, R. (2024). The application of brainstorming method in developing ideas in the production of television documentary side of life episode not the same. Technium Education and Humanities, 7, 55-65. https://doi.org/10.47577/teh.v7i.10743
Widayati, A., & Sitohang, R. (2023). Pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. JPT: Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6990-6997. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7326
Widodo, S, T, M., & Nita, V. (2019). Pencegahan bullying di sekolah dasar melalui pendidikan kesehatan reproduksi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 67-75. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.256
Widodo, W. (2017). Wujud kenyamanan belajar siswa, pembelajaran menyenangkan, dan pembelajaran bermakna di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 18(2), 22-37.
Yuliani, N. (2019). Fenomena kasus bullying di sekolah. INA-Rxiv Papers. https://doi.org/10.31227/osf.io/maqtx
Refbacks
- There are currently no refbacks.