Analisis gaya belajar dalam konteks diferensiasi pembelajaran menulis

Elis Mulyati, Dian Indihadi, Seni Apriliya

Abstract

Peserta didik mempunyai gaya belajar yang unik sehingga guru harus merancang pembelajaran yang berbeda. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan analisis proses dan hasil pembelajaran berbasis gaya belajar dalam konteks diferensiasi pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian studi kasus ini melibatkan seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar di 5 Kecamatan di Kota Tasikmalaya dengan jumlah 100 peserta didik. Sampel diambil dengan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket gaya belajar, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran gaya belajar peserta didik dalam konteks diferensiasi pembelajaran menulis di Kelas IV Sekolah Dasar menghasilkan rerata skor yang berkategori baik yang ditandai dengan terpenuhi dan terlaksanakannya proses pembelajaran secara runtut diawali persiapan pembelajaran sampai dengan proses penutupan pembelajaran di kelas; dan (3) penilaian dan hasil pembelajaran gaya belajar peserta didik dalam konteks diferensiasi pembelajaran menulis di Kelas IV Sekolah Dasar menghasilkan rerata skor yang berkategori baik yang ditandai dengan terpenuhinya persiapan penilaian sampai dengan pelaksanaan tindak lanjut terhadap pengetahuan peserta didik. Maka, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran gaya belajar peserta didik dalam konteks diferensiasi pembelajaran menulis di Kelas IV Sekolah Dasar menghasilkan rerata skor yang berkategori baik.

Learning style analysis in the context of writing learning differentiation

Abstract: Learners have unique learning styles so that teachers must design differentiated learning. This study was conducted with the aim of describing the analysis of learning style-based learning processes and outcomes in the context of writing learning differentiation. This research uses qualitative research with the type of case study. This case study research involved all fourth grade students of elementary schools in 5 sub-districts in Tasikmalaya City with a total of 100 students. The sample was taken with purposive sampling technique. Data collection techniques were interviews, learning style questionnaires, and documentation studies. The research findings revealed that: (1) the implementation of learning styles of learners in the context of differentiation of writing learning in Class IV elementary schools produces an average score that is categorized as good which is characterized by the fulfillment and implementation of the learning process coherently starting from the preparation of learning to the closing process of learning in the classroom; and (3) assessment and learning outcomes of learning styles of learners in the context of differentiation of writing learning in Class IV elementary schools produces an average score that is categorized as good which is characterized by the fulfillment of the preparation of assessment to the implementation of follow-up on the knowledge of learners. So, it can be concluded that the implementation of learning and assessment of learning outcomes of learning styles of learners in the context of differentiation of writing learning in Class IV Elementary School produces an average score that is categorized as good.

Keywords

Gaya Belajar; Diferensiasi; Menulis; Penilaian; Hasil Pembelajaran; Learning Styles; Differentiation; Writing, Assessment; Learning Outcomes

Full Text:

Fulltext PDF

References

Aaronsohn, E. (2003). The exceptional teacher: Transforming traditional teaching through thoughtful practice. Jossey-Bass.

Adidatil, N., Haris, J., Edwin, F., Andang, M., Tanjungpura, U., & Barat, K. (2022). Analisis penggunaan konten Youtube sebagai media pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS SMAS Mujahidin Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6802–6812.

Aminah, S., Wibisana, E., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha kesehatan sekolah (UKS) untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) siswa sekolah dasar. Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang, 6(1), 18–29.

Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422.

Barbe, W. ., & M. N. Milone, M. N. (1981). What we know about modality strengths. Educational Leadership, 38(5), 378–380.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Journal Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Yogyakarta, 44(2), 168–174. https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307

DePorter, & Hernacki, M. (2011). Quantum learning. Kaifa.

Dewantara, A. harpeni, B, A., & Harnida, H. (2020). Kreativitas guru dalam memanfaatkan media berbasis IT ditinjau dari gaya belajar siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/index

Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan gaya komunikasi guru terhadap tingkat keefektifan proses pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 71–78.

Dunn, R., Beaudry, J. S., & Klavas, A. (2002). Survey of research on learning styles. California Journal of Science Education, 2(2), 75–98.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2003). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. JPGSD, 11(8), 1780–1793.

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya pengembangan number sense siswa melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414

Fitriani, H. C. (2017). Gaya belajar siswa kelas III B SDN Tukangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(6), 18–27.

Gregory, G. H., & Chapman, C. (2002). Differentiated instructional strategies: One size doesn’t fit all. Corwin Press Inc.

Guskey, T. R. (2015). Mastery learning. In International Encyclopedia of Social & Behavioral Sciences (Second Edi, Vol. 14, pp. 752–759). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.26039-X

John, A., Shahzadi, G., & Khan, K. I. (2016). Students’ preferred learning styles & academic. Science International, 28(4), 337–341.

Khan, M., Muhammad, N., Ahmed, M., Saeed, F., & Khan, S. a. (2012). Impact of activity-based teaching on students’academic achievements in physics at secondary level. Academic Research International, 3(1), 146–156. http://www.savap.org.pk/journals/ARInt./Vol.3(1)/2012(3.1-19).pdf

Khoiri, Q., & Nopitasari, M. (2024). Pengelolaan interaksi belajar-mengajar. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(2), 80–86.

Koh, Y. Y., & Chua, Y. L. (2012). The study of learning styles among mechanical engineering students from different institutions in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56(Ictlhe), 636–642. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.698

Kusumawati, P. R. D. (2013). Evaluasi pembelajaran IPA model discovery learning menggunakan model countenance stake. LITERASI, XI(1), 20–30.

Lawrence-Brown, D. (2004). Differentiated instruction: Inclusive Strategies for standards-based learning that benefit the whole class. American Secondary Education, 32(3), 34–62. http://web.b.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer?sid=def73189-e639-40df-85ff-9f9b6a621bc1%40sessionmgr101&vid=3&hid=123

Lestari, S., & Widda Djuhan, M. (2021). Analisis gaya belajar visual, audiotori dan kinestetik dalam pengembangan prestasi belajar siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174.

Machmudah, U., & Rosyidi, A. W. (2008). Active learning dalam pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Malang Press.

Margaryan, A., Bianco, M., & Littlejohn, A. (2015). Instructional quality of Massive Open Online Courses (MOOCs). Computers and Education, 80, 77–83. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.08.005

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., Aeni, A. N., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, U. (2022). Analisis penggunaan video sebagai media pembelajaran terpadu terhadap motivasi belajar siswa pendidikan guru sekolah dasar Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia Judul Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI), 2(1), 19–26.

Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412–420.

Miles, M. B., Huberman, M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods Sourcebook (3rd ed). Sage Publication Inc.

Ningsih, I. W., Ulfah, Mayasari, A., & Arifudin, O. (2024). Manajemen pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1191–1197.

Purwoko, A. A., Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, Z. N., & Pariza, D. (2021). Validitas instrumen dalam rangka pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Prosiding SAINTEK LPPM Universitas Mataram, 3(November 2020), 9–10.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 6(4), 1–7. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Rustini. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi himpunan. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(1), 16–25.

Santangelo, T., & Tomlinson, C. A. (2012). Teacher educators’ perceptions and use of differentiated instruction practices: an exploratory investigation. Action in Teacher Education, 34(4), 309–327. https://doi.org/10.1080/01626620.2012.717032

Sopianti, D. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMAN 5 Garut. KANAYAGAN – Journal of Music Education, 1(1), 1–8.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti, A., Darmansyah, A., Naqsyahbandi, F., & Muktadir, A. (2024). Analyzing student learning style profiles for differentiated learning in merdeka curriculum in elementary schools. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 209–223.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Topuz, F. G., & Karamustafaoğlu, O. (2013). Öğrenme stillerinin çeşitli değişkenler açisindan incelenmesi : fen bilgisi öğretmen Investigation of Learning Styles according to Some Variables : Prospective Science Teachers tekniklerine yer verilmesini zorunlu kılmıştır ( Kürüm ve Güven , 2008 ). haks. 21, 30–46.

Uno, H. B. (2008). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajar. Bumi Aksara.

Utami, S. elvira, Tiwana, E., Alfauzi, E., & Maharani, I. (2023). Analisis kemampuan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Alwashliyah Pasar Senen Medan. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.537

Wibowo, A. T., Nuvitalia, D., & Wakhyudin, H. (2023). Analisis gaya belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Sendangmulyo 02. Disaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(02), 3878–3890.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan praktik penelitian kuantitatif kualitatif. Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.