Upaya meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar: A systematic literature review dan bibliometric analisis
Abstract
Pentingnya siswa memiliki kreativitas terletak pada kemampuan mereka untuk berpikir inovatif dan mengatasi tantangan, sehingga upaya di tingkat SD untuk meningkatkan kreativitas sangatlah esensial agar siswa dapat mengembangkan potensi ini sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pengetahuan tentang model, metode, media serta games dalam pembelajaran yang dapat diaplikasikan oleh guru guna meningkatkan kreativitas siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode SPAR-4-SLR (Scientific Procedures and Rationales for Systematic Literature Reviews). Basis data yang digunakan adalah google schoolar. Aplikasi untuk menggambarkan data visualisasi peneliti menggunakan vosviewer. Berdasarkan 54 artikel terpilih, peneliti mengidentifikasi berbagai model, metode, media serta permainan dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa sekolah Dasar. Model pembelajaran yang dapat digunakan adalah PJBL, kooperatif tipe picture and picture, Problem Based Learning (PBL), Creative Problem Solving (CrPS), RADEC, SAVI, experiential learning, Contextual Teaching and Learning (CTL), dan talking stick. Lalu metode yang dapat digunakan mind mapping, STEAM, inkuiri terbimbing, dan LSQ (Learning Start With Question). Lalu Penggunaan media pembelajaran visual, audio-visual, dan multimedia. Serta permainan dalam pembelajaran seperti tangram, playdough, dan ludo dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, peneliti selanjutnya disarankan mengembangkan media pembelajaran interaktif yang lebih menarik untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar.
Efforts to improve the creativity of elementary school students: A systematic literature review and bibliometric analysis
Abstract: The importance of students having creativity lies in their ability to think innovatively and overcome challenges, making efforts at the elementary school level to enhance creativity, which is essential for developing this potential from an early age. The goal of this research is to provide knowledge about models, methods, media, and games in education that teachers can apply to enhance elementary school students' creativity. This study employs the SPAR-4-SLR (Scientific Procedures and Rationales for Systematic Literature Reviews) method. The database used is Google Scholar, and Vosviewer is utilized for data visualization. Based on 54 selected articles, the researcher identified various models, methods, media, and games in education that can enhance elementary students' creativity. The models that can be used include PJBL, cooperative learning type picture and picture, Problem-Based Learning (PBL), Creative Problem Solving (CrPS), RADEC, SAVI, experiential learning, Contextual Teaching and Learning (CTL), and the talking stick method. Additionally, methods such as mind mapping, STEAM, guided inquiry, and LSQ (Learning Starts With a Question) can be employed. The use of visual, audiovisual, and multimedia teaching media, as well as games like tangram, playdough, and ludo, can also increase student creativity. Based on the research findings and conclusions, future researchers are recommended to develop more interactive and engaging educational media to further enhance elementary school students' creativity.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Acesta, A. (2020). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766
Agriana, B. M., & Hujjatusnaini, N. (2022). Pendampingan permainan playdough dari tepung untuk meningkatkan kreativitas anak sekolah dasar di Kelurahan Habaring Hurung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 60–66.
Amelia, W., & Marini, A. (2022). Urgensi model pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 291–298.
Ananda, R. (2019). Edukatif: Jurnal ilmu pendidikan penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. In Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Arsy, I., & Syamsulrizal. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) terhadap kreativitas peserta didik. Biolearning Jurnal, 8(1), 24–26.
Cemara, G. A. G., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap kreativitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 351–360.
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif IPA siswa sekolah dasar menggunakan model contexual teaching and learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 235–239.
Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2021). Penerapan media pembelajaran berbasis macromedia flash dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 499–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669
Elya Anastasya, V., & Nur Fajrie. (2020). Permainan ludo sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5018
Erisa, H., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2019). Model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/JPD.012.01
Hadiq, M. F. Al, Ramadhan, G. M., & Rahayu, D. S. (2022). Pengaruh model project-based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD. Journal of Elementary Education, 5(3), 505-509. https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10905
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Happy, N., Dewi, I., & Winata, W. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Wordwall untuk meningkatkan kreativitas kognitif anak dalam pelajaran Bahasa Inggris. Instruksional, 4(1).
Hasanah, N., & Suyadi. (2020). Pengembangan kreativitas dan konsep diri anak sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 162–169. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Hayati, F. (2017). Peningkatan kreativitas bermain musik anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan barang bekas. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 84-99.
Latifah, A. Z., Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., & Sholihat, A. (2020). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38-50.
Ibad, T. N., & SH, N. H. (2022). Penggunaan Media Diaorama dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 5(1), 49-62. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v5i1.1579
Kadek Tri Widani, N., Nyoman Sudana, D., & Gusti Ayu Tri Agustiana, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa dan sikap ilmiah pada siswa kelas v sd gugus i kecamatan nusa penida. In Journal of Education Technology, 3(1), 15-21.
Lestari, N. F. (2020). Efektivitas model pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellectualy) dalam meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan 4c di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 86-91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.601
Mabruroh, L. H., Irianto, A., & Yustitia Via. (2020). Pengaruh metode picture and picture terhadap berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 102–108. https://doi.org/10.21009/JPD.011.11
Mega Farihatun, S., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499
Melati, E., Dara Fayola, A., Putu Agus Dharma Hita, I., Muh Akbar Saputra, A., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Muktadir, A., Wardhani, P. A., Arif, A., & Wicaksono, J. W. (2020). Media scrapbook dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 146-156. https://doi.org/10.21009/JPD.011.16
Muqodas, I. (2015a). Mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).
Muqodas, I. (2015b). Mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).
Nada Mufti, N., Haki Pranata, O., & Rijal Wahid, M. M. (2020). Studi literatur: tangram sebagai media pembelajaran geometri. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 91-97.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Nilayanti, M., Suastra, W., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains siswa kelas IV SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 31-40. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i1.2865
Nissa, S. A., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan game ludo untuk pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2563–2570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1259
Niswara, R., Muhajir, & Fita Asri Untari, M. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.
Nofitasari, D., Anjarini, T., & Suyoto, S. (2022). Penerapan metode mind mapping pada tema indahnya kebersamaan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri Korowelang. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 85-92.
Novriadi, F., & Desyandri, D. (2023). Penerapan media pembelajaran berbasis macromedia flash dalam meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1772-1776. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11207
Nugraheni Irawan, J., Nanda Priyatama, A., & Fitriani, A. (2020). Pengaruh permainan konstruktif tangram terhadap berfikir kreatif pada siswa sekolah dasar. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(1), 37–50. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss1.art4
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021a). Pengembangan media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021b). Pengembangan media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan metode pembelajaran STEAM kepada para siswa tingkat sekolah dasar kelas 1 sampai 3. Madaniya, 1(3), 140-146.
Nuryani, D., & Dasar, S. (2019). Efektifitas media smart land untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Undiksa, 7(2), 79–84.
Paul, J., Lim, W. M., O’Cass, A., Hao, A. W., & Bresciani, S. (2021). Scientific procedures and rationales for systematic literature reviews (SPAR-4-SLR). International Journal of Consumer Studies. https://doi.org/10.1111/ijcs.12695
Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model pembelajaran creative problem solving pada kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar tematik siswa sekolah dasar. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3697–3703. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1081
Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W., & Rahayu, T. G. (2020). Penerapan model creative problem solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 7-12.
Puspitasari, Q. D., & Wibowo, A. (2022). Peran guru dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56393/pelita.v1i1.105
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh penggunaan media belajar video animasi terhadap proses berfikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578
Rohman, A. A., Suryawan, A. I., & Priyanto, I. J. (2019). Penerapan model experiential learning berbantuan media gambar untuk meningkatkan kreativitas kerajinan tangan peserta didik. Educare, 7(2), 119-126.
Rudyanto, H. E. (2016a). Pengembangan kreativitas siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika open-ended. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(2).
Rudyanto, H. E. (2016b). Pengembangan kreativitas siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika open-ended. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(2).
Rulyansah, A., Asmarani, R., & Mariati, P. (2021). Peningkatan creative thinking melalui creative problem-solving berorientasi multiple intelligence: Kajian pada bidang matematika sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 109–115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1925
Sari, F. F., & Komalasari, H. Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Ringkang: Kajian Seni Tari dan Pendidikan Seni Tari, 3(01), 24-33.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis penerapan model pembelajaran project based learning dan problem based learning pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Juhanda, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran stem-pjbl terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi (Agustus), 9(9), 28–43.
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap pencapaian hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi CANVA sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model pembelajaran RADEC sebagai alternatif dalam meningkatkan higher order thinking skill pada pembelajaran IPA di sekolah dasar: Systematic review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680
Venda, L., Firosalia, C., Pgsd, K., Universitas, F., & Wacana, K. S. (2016). Efektivitas model pembelajaran tipe group investigation (gi) dan cooperative integrated reading and composition (circ) dalam meningkatkan kreativitas berpikir kritis dan hasil belajar ips siswa kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230.
Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2023). Penerapan metode inkuiri untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 203-209.
Wansaubun, W. A. (2020). Upaya meningkatkan kreativitas dalam memecahkan masalah dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 3(2), 220-226.
Wantah, M. E., & Fathimah, S. (2020). Permainan playdoh dalam peningkatan kreativitas anak. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidika, 4(4), 383–391.
Wulandari, F. A., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Menggunakan model mind mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 10–16.
Wulandini, I., Hsb, N. S., Sipahutar, M., Sipahutar, R. P. K., & Tarihoran, S. (2022). Studi literatur: Model pembelajaran inquiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 109-114.
Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2).
Yulianti, Y., Lestari, H., Rahmawati, I., Agama, I., & Sahid, I. (2022). Penerapan model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915
Yusikah, I., & Turdjai. (2021). Application project based learning models (PjBL) to improve student creativity. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11, 17–25.
Refbacks
- There are currently no refbacks.