Capacity Building dalam Dunia Pendidikan sebagai Upaya Penguatan Kolaborasi Antar-Unsur: Systematic Literature Review

Ribut Purwaningrum, Adi Dewantoro, Agus Tri Susilo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian pada penelitian-penelitian primer terdahulu mengenai capacity building dalam pendidikan. Penelitian ini penting untuk dilakukan sebab meningkat dan bergesernya kebutuhan masyarakat akan perbaikan dalam dunia pendidikan seiring dengan perkembangan zaman. Pihak internal dalam sekolah perlu menyelaraskan kebutuhan pendidikan dengan kebutuhan masyarakat. Seluruh unsur pendidikan perlu melakukan capacity building dengan harapan meningkatkan kompetensi dan meningkatkan kualitas pemberian layanan pada peserta didik. Referensi terkait capacity building dalam pendidikan belum tersedia secara sistematis, sehingga diperlukan upaya untuk merangkum literatur menjadi satu bahan kajian komprehensif. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan systematic literature review desain Kitchenham (2004). Tiga langkah utama dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: planning the review, conducting the review, dan reporting the review. Penelitian ini melibatkan 19 sumber referensi primer yang diperoleh dari artikel, jurnal, dan konferensi prosiding nasional dan internasional. Seluruh referensi dikumpulkan sesuai dengan karakteristik systematic literature review. Semua referensi tersebut digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana urgensi, prosedur, kriteria, dan hasil aplikasi capacity building dalam pendidikan. Penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan melakukan penelitian-penelitian berikutnya. Rekomendasi penelitian yang perlu dilakukan adalah penelitian dan pengembangan panduan capacity building untuk unsur-unsur pendidikan, eksperimen tentang capacity building dalam pendidikan, dan riset evaluatif tentang capacity building dalam pendidikan.

 

Keywords

capacity building, education, collaboration

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.