Pengaruh Flipbook E-Module berbasis Nilai Multikulturalisme terhadap Peningkatan Kemampuan Critical Thinking (CT) Siswa Sekolah Dasar

Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas, Arifin Maksum, Arita Marini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh flipbook e-module berbasis nilai multikulturalisme terhadap peningkatan kemampuan critical thinking siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan pre-experimental study dengan O1 X O2 pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari 180 siswa kelas IV Sekolah Dasar terletak di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Kelas eksperimen menggunakan flipbook e-module berbasis nilai multikulturalisme dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional menggunakan buku te,a Kurikulum 2013 untuk melaksanakan pembelajaran. Teknik pengambilan data CTS melalui jenis tes tertulis dalam bentuk soal essay. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa flipbook e-module berbasis nilai multikulturalisme dinyatakan efektif dalam meningkatkan CTS siswa dengan tingkat keefektifan tinggi. Penelitian ini dapat berkontribusi untuk memberikan rekomendasi implementasi bahan ajar yang dapat memfasilitasi terbentuknya CT dan sikap toleransi siswa khususnya di jenjang MI/SD.

 

Keywords

E-Flip Book, Literasi Sosial Budaya, Multikulturalisme, Critical Thinking Skills, Toleransi

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.