Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan
Abstract
Penggunaan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif sebagai pendekatan untuk mencapai kemerdekaan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah menginvestigasi dan mengidentifikasi sejauh mana penggunaan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam mencapai kemerdekaan belajar bagi siswa, dengan mengevaluasi pengaruhnya terhadap motivasi intrinsik, penguasaan materi, partisipasi aktif, dan kemandirian dalam mengembangkan potensi individu secara optimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VI D SD Negeri Baros Mandiri 4 yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengambilan subjek penelitian melalui data yang diperoleh dengan mengambil data dan fakta yang diperoleh langsung di lapangan. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil-hasil tindakan yang diberikan kepada subjek penelitian dengan menganalisis dampak yang dihasilkan dari tindakan tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi membantu menciptakan lingkungan kelas yang inklusif, di mana setiap peserta didik merasa dihargai dan didukung. Ketika peserta didik merasa bahwa guru memahami dan menghargai keunikan mereka, mereka cenderung merasa lebih termotivasi dan percaya diri dalam belajar. Tujuan penelitian pembelajaran berdiferensiasi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak yang ditimbulkan terhadap hasil belajar. Studi ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan menerapkan dasar-dasar pemikiran beberapa ilmuan yang daikumpulkan menjadi daftar pustaka. Berdasarkan kajian jurnal maka diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa melalui pembelajaran berdiferensiasi yang mengedepakan kemerdekaan dalam belajar peserta didik dapat mengeksperikan minat dan bakat mereka.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.