Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Know-Want to Know-Learn (KWL) Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD dengan menggunakan salah satu strategi pembelajaran Know-want to Know learn dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Pakuwon tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi Kemmis & McTaggart (2021) kemudian dibuat perencanaan perbaikan yang digunakan dalam siklus selanjutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Keseluruhan tindakan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II diarahkan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Adapun instrumen pengumpulan data tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman setelah dilakukan tindakan pembelajaran mengalami peningkatan. Data menunjukkan bahwa pada tindakan pembelajaran siklus I hasil siswa diperoleh nilai rata-rata 72,92% dan pada tindakan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 82,64%. Adapun rekomendasi bagi guru dan peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat memberikan inspirasi untuk melakukan penelitian penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan metode yang variatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.