Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri di Gugus Nusa Kecamatan Karanganyar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran monopoli terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Nusa Kecamatan Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest–Postest Control Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Nusa Kecamatan Karanganyar. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pretest dan posttest terhadap siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Manova, dan Uji N-Gain Score. Dari hasil analisis didapatkan nilai F minat belajar sebesar 20,472 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05), nilai F hasil belajar sebesar 23, 285 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05), dan hasil analisis inferensial berdasarkan hasil Multivariate Test dalam uji Manova diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran monopoli terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Nusa Kecamatan Karanganyar; (2) Ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Nusa Kecamatan Karanganyar; (3) Ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran monopoli terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Nusa Kecamatan Karanganyar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.