Efektivitas Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Terhadap Hasil belajar Kognitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, perbedaan hasil belajar, dan keefektifan pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievment Division) berbantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design berupa one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 29 peserta didik. Alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian dibagi menjadi dua yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: rata-rata skor pretest 48,55 dan rata-rata posttest 75,03. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji-t diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran sebesar 54%. Berdasarkan analisis N-Gain, tingkat pemahaman siswa terhadap materi sistem koloid dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tergolong sedang. Selanjutnya jika dilihat dari interpretasi efektivitas N-Gain sebesar 60%, nilai tersebut termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STADberbantuan video pembelajaran. Tingkat keefektifan melalui analisis angket diperoleh hasil bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran dikategorikan cukup efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.