Desain Pedagogi Kreatif Berbasis Teknologi Digital dalam Pengembangan Pembelajaran IPS SD Untuk Menstimulasikan Kebiasaan Berpikir Kreatif

Neni Maulidah, Sapriya Sapriya, Nana Supriatna

Abstract

Pengembangan keterampilan berpikir kreatif calon guru dalam mengembangkan pedagogi pembelajaran kreatif sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pedagogi kreatif berbasis teknologi digital dalam mata kuliah pembelajaran IPS SD untuk menstimulasikan kebiasaan berpikir kreatif. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE. Artikel ini merupakan bagian penelitian ADDIE pada tahap analysis, design, dan develop. Penelitian ini menghasilkan kerangka kerja konseptual desain pedagogi kreatif berbasis teknologi digital meliputi: (1) landasan filosofis, (2) definisi operasional, (3) unsur, (4) karakteristik, (5) kebiasaan berpikir kreatif, (6) langkah penggunaan dan (7) roda pedagogi kreatif berbasis teknologi digital. Desain ini memperkenalkan ‘Roda Pedagogi Kreatif berbasis Teknologi Digital’ sebagai komponen utama kerangka kerja operasional pedagogi kreatif berbasis teknologi digital dalam pembelajaran IPS SD. Desain disajikan dalam model nested yang berporos pada pengembangan kebiasaan berpikir kreatif. Pengembangan desain pedagogi kreatif berbasis teknologi digital ini diharapkan memberikan panduan bagi calon guru, guru dan dosen yang ingin memahami dan menggunakan pedagogi kreatif berbasis teknologi digital dalam upaya pengembangan kreativitas pada praktik pendidikan.

Keywords

Pedagogi Kreatif; Teknologi Digital; Kebiasaan Berpikir Kreatif

Refbacks

  • There are currently no refbacks.