Penggunaan Buku Ajar Terintegrasi STEM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Lina Arifah Fitriyah, Humaidillah Kurniadi Wardana, Noer Af'idah

Abstract

Buku ajar yang digunakan sekolah pada umumnya menggunakan buku teks yang disusun pemerintah namun buku teks tersebut belum menganut pendekatan STEM. Penggunaan pendekatan STEM dalam buku ajar sebagai perpaduan disiplin ilmu sains, teknologi, teknik, dan matematika untuk kemajuan dan perluasan daya cipta peserta didik melalui proses penyelesaian masalah agar memiliki keterampilan abad 21 dan dapat bersaing secara global. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan buku ajar terintegrasi STEM. Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research. Teknik sampel menggunakan non-probability sampling yaitu purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan uji T-Paired. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar antara pretest dan posttest sehingga dapat dikatakan pembelajaran menggunakan buku ajar terintegrasi STEM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Buku Ajar, STEM, Hasil Belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.