Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama di Kelas III Sekolah Dasar

Zulfaturrochmah Zulfaturrochmah, Rosiana Mufliva, Vanca Warnaedi

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) “Kue Milik Amira” bertujuan untuk meningkatkan kemampuanaberpikirakritis dengan mengintegrasikan sintaks Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode DesignaandaDevelopmenta(D&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulanadataamelalui tahap validasi dan implementasi terbatas. Tahap validasi LKPDamelibatkana2 validator, yaitu validatoraahliamateriadanavalidatoraahliadesain. Pada tahap implementasi, melibatkan pesertaadidikakelasaIIIaSekolahaDasar. Hasil penelitian dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif menunjukan Lembar Kerja Peserta Didik “Kue Milik Amira” ini layak untuk digunakan dengan presentase sebesar 79,5% menurut ahli materi, presentase sebesar 89% menurut ahli desain, presentase sebesar 87,5% dari hasil uji terbatas siswa, serta presentase sebesar 85,5% dari praktisi pengajar.

Keywords

LKPD, Problem based Learning, Pecahan berpenyebut sama

Refbacks

  • There are currently no refbacks.