Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizziz Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Membaca Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap kemampuan dan minat membaca pemahaman siswa kelas V secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas V SD Gugus IV Makassar. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan seluruh siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal III sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman bacaan dan angket minat baca. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan aplikasi olah data IBM SPSS 25. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dan minat membaca siswa meningkat melalui penggunaan media pembelajaran Quizizz, dengan N Gain-score masing-masing sebesar 66,12%, dan 67% dengan kategori sedang. Pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan menerima hipotesis alternatif. Berdasarkan sejumlah hasil analsis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz.
Keywords
media pembelajaran quizizz, membaca pemahaman, minat membaca
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.