Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Pengembangan Pembelajaran Mahasiswa PBI UNS

Sri Hastuti

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan pembelajaran yang dialami dosen maupun mahasiswa. Pentingnya penelitian tindakan kelas yang di dalamnya memuat informasi relevan berkaitan dengan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manfaat PTK sebagai sarana peningkatan pembelajaran dan peningkatan kreativitas mahasiswa dengan menggunakan media, metode, model atau sarana pembelajaran yang lebih menarik, kreatif, dan inovatif sehingga dapat dijadikan sebagai referensi dalam kegiatan pembelajaran yang berkualitas. Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian yang telah dilakuakan oleh dosen dan guru dalam upaya peningkatan pembelajaran menggunakan PTK. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini berasal dari artikel jurnal ilmiah tentang penelitian tindakan kelas yang telah dipublikasikan. Hasil penelitian ini berupa peningkatan kreativitas mahasiswa dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas memiliki nilai-nilai kebermanfaatan yang dapat membantu dosen dan mahasiswa karena di dalamnya terdapat permasalahan sekaligus penyelesaiannya sehingga dapat meningkatkan pembelajaran.

Keywords

Penelitian Tindakan Kelas dan Pembelajaran

Refbacks

  • There are currently no refbacks.