Kegiatan Membaca Ekstensif Dan Penggunaan Sumber Daring di Masa Pandemi

Maulidia Rachmawati Nur, Dinda Ananda

Abstract

Kegiatan membaca ekstensif adalah sebuah kegiatan yang memungkinkan pembaca terlibat di dalam menggali sumber sumber bacaan yang sesuai dengan minat dan keinginan pembaca. Penelitian ini bertujuan memotret pengalaman guru dan siswa dalam menggunakan sumber sumber daring (internet resources) di kegiatan membaca ekstensif selama masa pandemi. Satu orang guru dan enam orang siswa terlibat sebagai partisipan dalam penelitian ini, dan desain studi kasus digunakan sebagai desain riset dalam penelitian ini. Untuk mendapatkan data mengenai pengalaman kegiatan membaca esktensif dari sumber sumber daring di masa pandemi, kuesioner dan wawancara semi terstruktur digunakan sebagai instruemn penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan membaca ekstensif berbantukan sumber sumber daring memiliki dampak yang positif bagi siswa, khususnya pada pemahaman dan wawasan Bahasa Inggris. Enam karakteristik atau prinsip dalam kegiatan membaca ekstensif, persepsi siswa dan guru akan dibahas dalam hasil temuan penelitian ini.

Keywords

Membaca Ekstensif, Sumber Daring (Internet Resources), Studi Kasus

Refbacks

  • There are currently no refbacks.