The Role of Self-Efficacy and Teacher Workload on Primary School Teacher Performance: Systematic Literature Review

Aulia Wulandari, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Kinerja guru sekolah dasar dapat dipengaruhi oleh kemampuan guru sekolah dasar dalam menjalankan serta menyelesaikan beban kerja yang dimiliki guru. Self efficacy yang dimiliki guru sekolah dasar akan sangat berguna dalam menyelesaikan beban kerja guru. Penelitian systematic literatur review ini bertujuan untuk mengungkapkan peran Self-Efficacy yang dimiliki guru dalam menyelesaikan beban kerja guru terhadap hasil kinerja guru. Peneliti menggunakan metode meta-analis. Tahap-tahap dalam penelitian meta analisis yaitu merumuskan permasalahan yang akan diteliti, menggunpulkan sumber data penelitian, menganalisis data, membuktikan kebenaran data dengan hasil analisis, dan menyimpulkan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dengan cara mencari artikel yang sudah terpublikasi di jurnal online sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti, melalui database online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy dan beban kerja guru mempunyai peran yang cukup penting terhadap kinerja guru. Sehingga dapat disimpulkan Self-efficacy yang dimiliki seorang guru berguna dalam menyelesaikan beban kerja guru terhadap hasil kinerjanya.

Keywords

Self efficacy, beban kerja, kinerja, guru, systematic literatur review

Refbacks

  • There are currently no refbacks.