Pengembangan Media Belajar Mobile Learning pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19

Hadi Hardiansyah, Miftakhuddin Miftakhuddin, Umi Sumiati

Abstract

Pasca pandemi COVID-19, peserta didik mengalami penurunan hasil belajar yang cukup drastis dalam pembelajaran dikelas. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kepada performa yang lebih baik, peneliti bertujuan untuk mengembangkan media belajar berbasis mobile learning yang bisa digunakan didalam maupun diluar kelas. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan dengan model yang dipopulerkan oleh Dick and Carey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran IPA berbasis mobile learning. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test peneliti mendapat perbedaan hasil belajar antara tahapan pre-test dan post-test dengan hasil akhir yang memuaskan. Maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan, setelah peserta didik mengikuti pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis mobile learning.

Keywords

IPA, Mobile Learning, Sekolah Dasar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.