Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament dalam Seting Saintifik Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa

Nyoman Ayu Putri Lestari, I Wayan Suastra, Ida Bagus Putu Arnyana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament dalam seting saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian post test only group design. Hasil penelitian menunjukkan secara menyeluruh bahwa model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dalam seting saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Hasil penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian dari (Norhayati Indah, 2017; Vinanda Zulfira et al., 2019)bahwa model Team Games Torunament memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Keywords

Learning Outcomes of Science, Science, Team Games Tournament.

References

Fika Rizqi Rachmawati, & Nining Setyaningsih. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 317–324. Gusti Ayu Kade Emi Saptayanti, I Made Citra Wibawa, & Ketut Pudjawan. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V. Mimbar PGSD UNDIKSHA, 4(1). Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia . Husnul Fuadi, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin, & Abdul Wahab Jufri. (2020). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan , 5(2). I Wayan Sugiata. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia , 2(2). I Wayan Sugita. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2). IEA. (2015). TIMSS 2015 Assessment Frameworks. United States: TIMSS & PIRLS International Study Center. United States: TIMSS & PIRLS International Study Center. Isjoni. (2013). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta. Marisa Amaliyah, I Nyoman Suardana, & Kompyang Selamet. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS, 4(1), 90–101. Miftahul Huda. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Misyanto. (2016). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Anterior Jurnal, 15(2), 144–150. Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Norhayati Indah. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 3(2). Nur Azizah, Djoko Purnomo, & Fine Reffiane. (2018). PENGARUH MODEL TGT BERBANTU MEDIA UTAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD. Jurnal Sekolah, 2(4). OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing. Piska Ayu Andira, Andriani Utam, Mirli Astriana, & Ahmad Walid. (2022). ANALISIS MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(1), 46–57. Siti Harianti Asnur, Yusminah Hala, & A. Asmawati Azis. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMA/MA. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, 713–723. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, da R&D. Bandung: CV Alfabeta. Sutrisno, & Dewi Wulandari. (2018). Multivariate Analysis of Variance(MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. Aksioma, 9(1). Vinanda Zulfira, Evita Anggereini, & Ali Sadikin. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Batang Hari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3). Wahyu Astuti, & Firosalia Kristin. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 155–162. Wilujeng Sri. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Team Game Tournament (TGT). Jurnal Education Elemantary, 2(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.