Budaya Pesantren dalam Pembentukan Karakter pada Santri Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren

Maryono Maryono

Abstract

Pembentukan karakter melalui budaya pesantren pada dasarnya adalah upaya untuk memberikan pengetahuan tentang moral, menumbuhkan perasaan positif terhadap moral dan melakukan moral terhadap apa yang telah diketahui dan dirasakan. Penelitian ini secara khusus dilakukan untuk mengkaji bagaimana internalisasi budaya pesantren dalam pembentukan karakter santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan satu orang kepala sekolah, satu orang guru, dua orang pengurus pondok dan lima orang santri pada jenjang SMP di lingkungan pondok pesantren API Asri Tegalrejo Magelang. Data penelitian dikumpumpulkan dengan metode wawancara dan observasi.  Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawncara dan pedoman observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles dan Hubermen yang terdiri atas komponen-komponen yang saling terkait yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Budaya pesantren di pondok pesantren API Asri Tegalrejo Magelang khususnya di SMP Syubbanul Wathon pada dasarnya merupakan upaya untuk membentuk karakter santri. Pembentukan karakter tersebut terjadi karena budaya pesantren telah diinternalisasikan dalam kehidupan santri. Budaya pesantren seperti keberadaan pondok, kajian kitab klasik, kiyai dan santri. Budaya tersebut pada akhirnya menjadi suatu sistem dalam proses pendidikan di dilingkungan pesantren.

Keywords

pondok pesantren, pendidikan karakter, budaya

References

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Arifin, Z. (2016). Budaya Pesantren dalam Membangun Karakter Santri. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 6(1), 1–22.

Creswell, J. W. (2015). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.third Edition, Terjemah, Achmad Fawaid, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Fahhan, A. M. (2013). Pendidikan Karakter Di Pesantren. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 29–45.

Ferdinan. (2016). Pondok Pesantren, Ciri Khas Perkembangannya. Jurnal Tarbawi, 1(1), 12–20.

Juno. (2022). Polisi Tangkap Lima Pelajar Magelang, Bawa Celurit akan Tawuran di Sleman. https://bacajogja.id/2022/03/24/polisi-tangkap-lima-pelajar-magelang-bawa-celurit-akan-tawuran-di-sleman/

Kahar, S., Barus, M. I., & Wijaya, C. (2019). Peran Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya, 4(2), 170–178. https://doi.org/10.24114/antro.v4i2.11949

Lesmana, F. R., Salsabilah, H., & Febrianti, B. A. (2021). Peran Pondok Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santri dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 962–970.

Lickona, T. (2015). Building Character for Children, terj. Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A., & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Makmun, H. A. R. (2016). Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern di Kabupaten Ponorogo. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 211. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.226

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naerih, Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Peran Guru Pada Pembelajaran Jarak Jauh dalam Menanamkan Kemandirian Belajar Siswa di UPTD SDN 4 Kedokanagung Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(1), 17–26.

Nasrudin, M. (2019). Pendidikan Karakter Siswa pada Sekolah Terintegrasi Pesantren. [Tesis] Magister Pendidikan Agama Islam, UIN Walisongo Semarang.

Nizar, N. (2021). Model Pendidikan Karakter Santri (Kajian Proses Pembelajaran Dalam Membangun Karakter Santri Di Pondok Pesantren Al Mubarok Roudlotul Nur Ihsan Kecamatan Poncokusumo Malang. Turatsuna: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 3(1), 1–10.

Saihu, & Rohman, B. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transformatife Learning Pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali. Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 435–452.

Sholikhun, M. (2018). Pembentukan karakter siswa dengan sistem Boarding School. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 48–64. http://wahanaislamika.ac.id/index.php/WahanaIslamika/article/view/20/13

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sumardi, K. (2012). Potret Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), 280–292.

Syarifah, L., Latifah, N., & Puspitasari, D. (2021). Keteladanan Pengasuh dan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Santri Tarbiyatul Athfal Tegalrejo Magelang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 97–107.

Tarmidzi, T., & Sugiarti, I. Y. (2019). Pengaruh Kultur Serta Kebiasaan dan Pembiasaan Positif di Sekolah Terhadap Karakter Religius dan Peduli Lingkungan Siswa SD di Kota Cirebon. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 248. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35192

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.