Pengembangan Buku Ajar Statistika Dasar Untuk Penelitian Pendidikan Fisika

Andi Reski

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan buku ajar pada matakuliah Statistika Dasar yang layak dijadikan sebagai sumber belajar oleh mahasiswa pendidikan Fisika dalam perkuliahan dan penyusunan tugas akhir. Research and Development (R&D) dipilih sebagai metode penelitian ini dan menggunakan model pengembangan ADDIE sampai pada tahap development. Pada penelitian ini, produk yang dikembangkan divalidasi dan diuji keterbacaan untuk menilai kelayakan. Sebanyak 20 orang mahasiswa pendidikan fisika dipilih menjadi sampel uji keterbacaan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi dan lembar angket uji keterbacaan produk. Adapun nilai rata-rata dari validator ahli materi dan ahli media adalah 93,1 dan hasil pengujian keterbacaan oleh mahasiswa pendidikan fisika diperoleh nilai sebesar 92,4. Berdasarkan data-data kuantitatif yang diperoleh dan diinterpretasikan ke dalam data kualitatif maka buku ajar Statistika Dasar untuk penelitian pendidikan Fisika masuk dalam ketegori layak untuk digunakan sebagai sumber belajar. Namun, dalam penelitian masih terdapat keterbatasan karena hanya dilaksanakan sampai tahap development sehingga perlu adanya penelitian lanjutan untuk menilai keefektifan buku ajar Statistika Dasar ini dengan cara melanjutkan ke tahap keempat yakni implementation dan tahap  kelima yakni evaluation.

Keywords

pengembangan, buku ajar, statistika dasar, pendidikan fisika

References

Afrizon, R., & Dewi, W. S. (2019). Kepraktisan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Bermuatan Model Cooperative Problem Solving. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/311.

Anggraini, A., & Syahbrudin, J. (2021). Pentingnya Pengembangan Buku Ajar Statistika Berbasis Praktik Penyelesaian Masalah dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 17-26. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657108.

Dewi, W. S., & Afrizon, R. (2018). Analisis Kondisi Awal Perkuliahan Mahasiswa Pendidikan Fisika Dalam Rangka Mengembangkan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Menggunakan Model Problem Solving. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/140.

Heller, K. (2010). Cooperative Problem Solving in Physics A User ’ s Manual. USA: University of Minnesota.

Latifah, U. H., & Widjajanti, D. B. (2017). Prestasi, Pemecahan Masalah, dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 176-185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13083.

Musdansi dan Nazli. (2018). Pengembangan Buku Ajar Statistika Berbasis SPSS. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 8(2). https://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12342.

Nu’man, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2),114-128. https://dx.doi.org/10.26486/jm.v3i2.762.

Parmin. E.P. 2012. Pengembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,1(1):8-15. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2006.

Perdana, S. A., & Ramadhona, R. (2022). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Inkuiri Untuk Mata Kuliah Statistika Pendidikan Di Masa New Normal. Jurnal Gantang, 6(2), 185-193. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.4114.

Purwanto. (2011). Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta:PT Remaja Rosda Karya.

Reski, A. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 001-008. https://doi.org/10.35724/mjose.v1i1.859.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Safitri, P. T., & Purbaningrum, K. A. (2020). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kasus (Case Based) Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 13(2), 256-267. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8768.

Sa’idah, N. (2016). Pengembangan Buku Ajar Statistik Sebagai Penunjang Perkuliahan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 103–111. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.600.

Sari, S Y dan Afrizon, R. (2018). The Practicality of Statistical Physics Handout Based on KKNI and the Constructivist Approach The Practicality of Statistical Physics Handout Based on KKNI and the Constructivist Approach. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012070.

Syahriadi. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Statistik dengan Materi Persebaran Data/ Amatan Data Bergolong untuk Mahasiswa Pendidikan Olahraga. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2), 1752 – 1766. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2173.

Sufri & Pasaribu, F.T. (2021). Pengembangan Buku Ajar Statistik Menggunakan Aplikasi SPSS sebagai Self-Education Mahasiswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 9(1), 85-96. https://doi.org/10.24952/logaritma.v9i01.2838.

Widoyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.