Profil Efikasi Diri Mahasiswa dalam Mata Kuliah Micro Teaching (Studi pada Mahasiswa SI PGSD STKIP Muhammadiyah Blora)

Bening Sri Palupi

Abstract

Mata kuliah micro teaching di persiapkan untuk mahasiswa S1 PGSD sebagai bekal keterampilan mengajar saat mereka sudah menjadi guru in-service. Tugas mata kuliah ini melibatkan banyak unsur yang kompleks mulai dari kemantapan teori dan strategi mengajar, penyusunan skenario pembelajaran sampai pada praktik mengajar. Praktik mengajar inilah yang sangat ditentukan dari dalam diri mahasiswa yang bersangkutan, utamanya efikasi diri. Artikel ini bertujuan untuk mengambarkan profil efikasi diri mahasiswa dalam perkuliahan micro teaching. Pengumpulan data dilakukan pada 30 mahasiswa PGSD dengan isntrumen angket, observasi, dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, sumber, dan metode. Analisis interaktif Milles & Huberman digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa lebih percaya diri pada praktik ketiga; (2) sebagian besar mahasiswa termotivasi oleh media teman sekelasnya; dan (3) dukungan teman sekelas mempengaruhi efikasi diri mahasiswa dalam praktik mengajar. Jadi, efikasi diri mahasiswa memiliki peran yang substansial terhadap mata kuliah micro teaching. Oleh karenanya, dosen pengampu mata kuliah juga perlu memperhatikan faktor pendukung dan penghambat perfoma mengajar mahasiswa, utamanya terkait pengkondisian situasi belajar pada perkuliahan.

Keywords

Efikasi diri, keterampilan mengajar, micro teaching

References

Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012. Juranl Psikodimensia, 18(1), 85–100. https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708 Afnan, Fauzia, R., & Tanau, M. U. (2020). Hubungan Efikasi Diri dengan Stress pada Mahasiswa Yang Berada Dalam Fase Quarter Life Crisis. Jurnal Kognisia, 3(1), 23–29. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1569 Asiyah, Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226 Asril, Z. (2013). Micro Teaching Disertai Pedoman Pengalaman Lapangan. Rajawali Press. Conradie, P. D., Van Acker, B. B., De Vos, E., & Saldien, J. (2021). Impact of User Involvement on Design Students’ Motivation and Self-Confidence. International Journal of Technology and Design Education, 31, 183–197. https://doi.org/10.1007/s10798-019-09531-7 Dalimunthe, H. A., Dewi, S. S., & Faadhil. (2020). Pelatihan Universal Design for Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu dalam Mengajar. Jurnal Diversita, 6(1), 133–142. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3784 Daroini, D. R., Pramono, A., & Firmansyah, M. (2020). Analisis Faktor Regulasi Belajar Mandiri terkait Efikasi Diri, Kesadaran Pengetahuan Metakognitif, dan Pengalaman Pembelajaran Sebelumnya terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 7(2), 1–9. Gaspar, J. P., & Schweitzer, M. E. (2021). Confident and Cunning: Negotiator Self-Efficacy Promotes Deception in Negotiations. Journal of Business Ethics, 171(1), 139–155. https://doi.org/10.1007/s10551-019-04349-8 Gebauer, M. M., McElvany, N., Bos, W., Köller, O., & Schöber, C. (2020). Determinants of Academic Self-Efficacy in Different Socialization Contexts: Investigating The Relationship between Students’ Academic Self-Efficacy and Its Sources in Different Contexts. Social Psychology of Education, 23(2), 339–358. https://doi.org/10.1007/s11218-019-09535-0 Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Percaya Diri dan Motivasi terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. Karyaningsih, R. P. D., & Wibowo, A. (2017). Hubungan Kreativitas, Efikasi Diri dan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 162–175. https://doi.org/10.21009/jpeb.005.2.4 Khasanah, U. (2020). Pengantar Microteaching. Deepublish. Kurniawan, A., & Masjudin. (2017). Pengembangan Buku Ajar Microteaching Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif,” 9–16. Lee, Y. C., Lee, C. K. P., Lam, I. C. M., Kwok, P. W., & So, W. W. M. (2020). Inquiry Science Learning and Teaching: A Comparison Between The Conceptions and Attitudes of Pre-service Elementary Teachers in Hong Kong and The United States. Research in Science Education, 50, 227–251. https://doi.org/10.1007/s11165-017-9687-2 Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67 Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1884 Marschall, G. (2021). The Role of Teacher Identity in Teacher Self-Efficacy Development: The Case of Katie. Journal of Mathematics Teacher Education. https://doi.org/10.1007/s10857-021-09515-2 Marta, M. S., Kurniasari, D., & Kurniasari, D. (2019). Interaksi Dukungan Sosial pada Hubungan Pendidikan Wirausaha, Efikasi Diri dan Niat Berwirausaha. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/benefit.v4i1.7113 Morris, D. B., Usher, E. L., & Chen, J. A. (2017). Reconceptualizing The Sources of Teaching Self-Efficacy: A Critical Review of Emerging Literature. Educational Psychology Review, 29(4), 795–833. https://doi.org/10.1007/s10648-016-9378-y Mufidah, A. C. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial terhadap Resiliensi Mahasiswa Bidikmisi dengan Mediasi Efikasi Diri. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 68–74. https://doi.org/10.17977/um023v6i22017p069 Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika. Journal On Teacher Education (JOTE), 1(2), 26–32. Nob, R. M. (2021). Dimensionality of Social Persuasion and Its Relationship With Academic Self-Efficacy. Psychological Studies, 66(1), 49–61. https://doi.org/10.1007/s12646-020-00588-2 Nordlöf, C., Hallström, J., & Höst, G. E. (2019). Self-Efficacy or Context Dependency?: Exploring Teachers’ Perceptions of and Attitudes towards Technology Education. International Journal of Technology and Design Education, 29(1), 123–141. https://doi.org/10.1007/s10798-017-9431-2 Quinlan, C. L., Picho, K., & Burke, J. (2021). Creating an Instrument to Measure Social and Cultural Self-efficacy Indicators for Persistence of HBCU Undergraduates in STEM. Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-021-09992-8 Qurbani, D., & Solihin, D. (2021). Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 223–232. Rustanto, A. E. (2017). Kepercayaan Diri dan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karir Mahasiswa di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Jakarta Utara. Jurnal Lentera Bisnis, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.34127/jrlab.v5i2.31 Salim, F., & Fakhrurrozi, M. (2020). Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 16(2), 175–187. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.9718 Seto, S. B., Suryani, L., & Bantas, M. G. D. (2020). Analisis Efikasi Diri dan Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 147–152. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.472 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Suryana, E. (2018). Analisis Kinerja Mahasiswa Peserta Micro teaching FITK UIN Raden Fatah Palembang (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 120–137. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1960 Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275–283. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609 Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar. (2020). Pengaruh Penilaian dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391. Thaha, H., & Rustan, E. (2017). Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa IAIN Palopo Hisban. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 13(2), 163–179. Tika, I. N., & Maryam, S. (2021). Pembelajaran Microteaching selama Massa COVID-19 Berbasiskan Tugas Proyek bagi Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 85–93. Uran, A. L., Leton, S. I., & Uskono, I. V. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.100 Webb-Williams, J. (2018). Science Self-Efficacy in the Primary Classroom: Using Mixed Methods to Investigate Sources of Self-Efficacy. Research in Science Education, 48(5), 939–961. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9592-0 Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di MI). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.