Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bidang Kajian Bilangan Berbasis Computer Science Unplugged (CSU) untuk Siswa Sekolah Dasar

Rosiana Mufliva, Sandi Budi Iriawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa khususnya pada bidang kajian bilangan dalam rangka mendukung tercapainya indikator hasil belajar siswa serta untuk memperoleh gambaran mengenai kelayakan dan respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar matematika berbasis Computer Science unplugged (CSU) pada bidang kajian bilangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima langkah, yaitu: 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) penerapan dan 5) evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  bahan ajar matematika bidang kajian bilangan berbasis CSU layak untuk digunakan dengan persentase sebesar  91 % dengan kategori sangat layak menurut ahli materi dan ahli desain bahan ajar. Sedangkan hasil uji coba terhadap peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar matematika bidang kajian bilangan berbasis CSU ini menunjukkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar matematika bidang kajian bilangan berbasis CSU ini dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi bilangan siswa kelas 1 SD.

Keywords

bahan ajar matematika, computer science unplugged, siswa

References

Bahrun.(2013). Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi, Jurnal Sulesana, Volume 8 Nomor 2 Dikmenjur. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. [on line]. Tersedia: http://smk.kemdikbud.go.id/kdp Dimas. (2018). Parcipatory Action Research. Jurnal pemikiran Agama untuk Pemberdayaan. Volume 18 No.2 Giwangsa, Sendi Fauzi. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet pada Pembelajaran di SD. Volume 8 Nomor 1. Tersedia: https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/3992/2499 Iriawan, S. B. (2015). Analisis Materi Pembelajaran. Modul Pelatihan: PGSD FIP UPI. Kemdikbud. (2016). Panduan Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Jakarta. Ryan, K. & Cooper, J. M. (2010). Those Who Can Teach. Boston: WADSWORTH CENGAGE Learning Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta. Suryadi, D. (2019). Monograf Didactical Design Research (DDR). Bandung: Rizqi. Suryadi, D. (2019). Monograf 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: Gapura Press. Suryani, Mira. (2021). Pemanfaatan Computer Science Unplugged pada Pembelajaran Matematika dan Berpikir Komputasional siswa Sekolah Dasar. Modul Pelatihan: PGSD UPI Tt. (2015). Postmortem Computer Science Unplugged. Tersedia: https://igrir.blogspot.com/2015/02/postmortem-computer-science-unplugged.html. Undang-undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemdikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.