Keefektifan Model Pembelajaran Outdoor Learning melalui Wisata Edutainment untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar

Sajidan Sajidan, Idam Ragil Widianto Atmojo, Dwi Yuniasih Saputri, Roy Ardiansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran outdoor learning melalui wisata edutainment untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan bentuk one group pretest-posttest. Desain ini membutuhkan satu kelompok sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V sekolah dasar negeri 1 Bakipandeyan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket untuk mengukur nilai sikap peduli lingkungan. Instrumen disusun berdasarkan 3 aspek indikator sikap peduli lingkungan yaitu sikap terhadap sumber daya air, tanah, dan udara; sikap terhadap flora dan fauna; serta pengelolaan sampah. Peningkatan karakter peduli lingkungan dianalisis menggunakan uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran outdor learning yang diterapkan melalui wisata Edutainment berbasis potensi lokal dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa model pembelajaran outdoor learning dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan nilai gain 0,33 termasuk dalam kategori sedang. Rekomendasi penelitian ini yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran outdoor learning dengan memanfaatkan wisata berdasarkan potensi lokal yang ada sebagai sumber belajar.

Keywords

outdoor learning; edutainment; potensi lokal; peduli lingkungan; sekolah dasar

References

Abdul-Wahab. (2008). A Preliminary Investigation into the Environmental Awareness of the Omani Public and their Willingness to Protect the Environment. American Journal of Evironmental Sciences, 4(1), 39–49.

Adawiah, R. (2018). Instilling the Environmental Care Characters to the Elementary Schools Located on the River Banks. Journal of Wetlands Environmental Management, 6(2), 84-92.

Agus Zaenal Fitri. (2012). Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Agusta, A. R. (2018, December). Improving the Student’s Cooperation and Environmental Care Skill using Outdoor Learning Strategy Outbound Variation. In 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018). Atlantis Press.

Amini, R. (2015). Outdoor based environmental education learning and its effect in caring attitude toward environment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 43-47.

Campbel, J,W., Waliczek, T. M., Zajicek. (1999). Relationship Between Environmental Knowledge and Environmental Attitude of High School Students. The Journal of Environmental Education, 30:3, 17-21.

Danarti. (2014). Perbedaan Hasil Belajar IPS Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study dengan Konvensional Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 102–111.

Dewi, N. P. C. P., & Suastika, I. N. (2021). Dekonstruksi Dongeng Bawang Merah Bawang Putih Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 270-283.

Dhanapal and C. C. Lim. (2013). A Comparative Study of The Impacts And Students’ Perceptions of Indoor And Outdoor Learning in The Science Classroom of Asia-Pacific Forum On Science Learning And Teaching, 21.

Distiara, M.I. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Kegiatan Outbound pada Anak Kelompok B di TK PKK 74 Serut Sendangsari. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi ke 4 tahun ke 4, 1-12

Ellen G. White. (2005). Education (Membina Pendidikan Sejati), Terj. Pasuhuk. Bandung: Publishing House.

Farmer, D. Knapp, and G. Benton. (2014). An Elementary School Environmental Education Field Trip: Long-Term Effects on Ecological and Environmental Knowledge and Attitude Development. Journal Environment Education, 38(3), 33–42.

Febrianawaty Yusuf & Ahmad Munandar. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Terhadap Lingkungan Yang Valid dan Reliable Bagi Siswa SMA. Prosiding seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2016, 292-296

Gray, T. & Martin, P. (2012). The Role and Place of Outdoor Education in The Australian National Curriculum. Australian Journal of Outdoor Education, 16(1): 39-50.

Gustafsson, P.E., Szczepanski, A., & Nelson, N. (2011). Effects of an Outdoor Education Intervention on the Mental Health of Schoolchildren. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning. PP Journal, 1(1): 1–17

Hastutiningsih, Prasetyo & Widyaningrum (2016). Pengembangan Panduan Pembelajaran Outdoor Bermuatan Karakter Peduli Lingkungan Pada Materi Ekologi. Journal of Innovative Science Education, 5 (1).

Hudiyono. (2012). Membangun Karakter Siswa melalui Profesionalisme Guru dan Gerakan Pramuka. Surabaya: Erlangga Group, 81.

Institute for Outdoor Learning. (2018). Evolving Research And Practice Development in Outdoor Learning. Outdoor Learning Research. Retrieved from https://www.outdoor-learningresearch.org/Research/Research-Reports

James, J.K. & Williams, T. (2017). School-Based Experiential Outdoor Education: A Neglected Necessity. Journal of Experiential Education, 40(1), 58-71.

James Neill. (2004a). A Socio-cultural History of Outdoor Education. http://wilder dom.

James Neill. (2006d). C:Documents and SettingsWindowz XPMy Documents Philoso phy of Outdoor Education.htm Com/psycho-evolutionary/SocioCulturalHistory Outdoor Education.

Karpinnen, S.J.A. (2012). Outdoor Adventure Education in A Formal Education Curriculum in Finland: Action Research Application. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 12(1), 41–62.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Sekolah Tentang Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Badan Penelitian dan Pusat Pengembangan Kurikulum.

Lake. (2010). Examining Trends in Adolescent Environmental Attitude, Beliefs and Behaviors Acroos 3 Decades. National Institute of health NIH Public access, Environmental Behavior, 42(1):61-85

Lloyd, A., & Gray, T. (2014). Place-Based Outdoor Learning And Environmental Sustainability Within Australian Primary Schools. Journal of Sustainability Education.

Muchlas Samani dan Hariyanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 129.

Nel, A. J. (2017). Teachers’ Perceptions on The Design And Use of An Outdoor Learning Environment for Sensory and Motor Stimulation. South African Journal of Childhood Education, 7(1)

Pamulasai, H. E., & Mundilarto. (2017). Outdoor Learning Model through Fieldwork to Improve Physics Achievement in Dynamic Fluid. Journal of Turkish Science Education. 14(3), 73-86.

Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142-152.

Putra and D. Vionanda. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22–26.

Ramadhani, W. S. (2016). Penerapan Pembelajaran Outdoor Learning Process Melalui Pemanfaatan Taman Sekolah Sebagai Sumber Belajar Materi Klasifikasi Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Skripsi

Sari, Serlina Candra Widiana dan Harmanto. (2017). Strategi Komunitas Backpacker Sidoarjo (Kbs) Dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anggotanya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 5(02).

Sujarwo. (2013). Pembelajaran Orang Dewasa (Metode dan Teknik). Yogyakarta: Venus Gold Press.

Tamara, Riana Monalisa. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur, Jurnal Pendidikan Geografi, 16 (1), 44-55.

Torkar, G. (2016). Secondary School Student’s Environmental Concerns and Attitudes toward Forest Ecosystem Services: Implications for Biodiversity Education. International Journal of Sciens and Education, 11(18),11019-11031

Vera, A. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: DIVA Press.

Wibowo, Y. (2010). Bentuk-Bentuk Pembelajaran Outdoor. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY.

Wiradika, I. N. I., & Jaedun, A. (2019, June). The implementation of environmental care character education based on Tri Hita Karana and ecotourism at elementary schools in Nusa Penida, Bali. In International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2018) and International Conference on Social Studies, Moral, and Character Education (ICSMC 2018) (pp. 261-265). Atlantis Press.

Yampap, U., Rahayu, D. P., & Ruma, R. (2019, October). Application of the method of outdoor study to improve environment care attitude class IV elementary school. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 343, No. 1, p. 012246). IOP Publishing.

Zaenuri, Z., Sudarmin, S., Utomo, Y., & Juul, E. (2017). Habituation Model of Implementing Environmental Education in Elementary School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 206-212.

Zuchdi, Z. K. Prasetya, and M. S. Masruri. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Cakrawala Pendidik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.