Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Tradisi Yadnya Karo Suku Tengger Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Bhaitani Tosari Pasuruan

Alifa Ashadiyah Dimastiwi, Harmanto Harmanto, Wisnu Wisnu

Abstract

Pada penelitian ini mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk pembelajaran IPS di kelas VIII dengan kompetensi dasar (3.2) “Menganalisis Pengaruh Interaksi Sosial Dalam Ruang yang Berbeda Terhadap Kehidupan Sosial dan Budaya Serta Pengembangan Kehidupan Kebangsaan” di SMP Bhaitani Tosari Pasuruan dengan materi “Pluralitas Masyarakat Indonesia” yang diintegrasikan dengan nilai-nilai tradisi lokal Suku Tengger, “Yadnya Karo”. Pengembangan LKPD ini didasarkan atas kegiatan pembelajaran IPS di SMP Bhaitani Tosari yang belum menggunakan LKPD, serta banyak siswa yang belum memaknai tradisi leluhur mereka, Yadnya Karo. Sehingga sangat penting tradisi lokal diintegrasikan dalam materi pembelajaran agar peserta didik mampu memaknai tradisi lokal melalui kegiatan pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian pengembangan LKPD berbasis tradisi Yadnya Karo Suku Tengger pada mata pelajaran IPS di kelas VIII, menunjukkan bahwa penggunaan LKPD terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik. Selain itu LKPD ini juga membantu peserta didik untuk memaknai tradisi lokal yang ada di sekitar lingkungan peserta didik. Peserta didik juga menyatakan senang dan merasa tertarik untuk belajar IPS materi Pluralitas Masyarakat Indonesia menggunakan LKPD berbasis tradisi lokal Yadnya Karo Suku Tengger.

Keywords

Lembar Kerja, Tradisi Yadnya Karo, Mata Pelajaran IPS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.