Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV

Aiman Faiz, Indah Lestari, Isnaeni Nur Hikmah, Lestari Indriyani, Sobari Sobari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model problem-based learning di kelas IV SDN 1 Watubelah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara terkait proses pembelajaran.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada pelaksanaan guru siklus I adalah 73,21% meningkat menjadi 96,42% dan di siklus II 83,92% meningkat menjadi 92,86% di siklus II pada pelaksanaan siswa. Dengan demikian, model Problem Based Learning telah dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu pada siswa kelas IV SDN 1 Watubelah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Hal ini memberikan implikasi bahwa model PBL memberikan satu konsep pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

integrated thematic, learning, problem based learning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.