Peran Guru Pada Pembelajaran Jarak Jauh dalam Menanamkan Kemandirian Belajar Siswa di UPTD SDN 4 Kedokanagung Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu

Naerih Naerih, Aiman Faiz, Imas Kurniawaty

Abstract

Peran guru pada pembelajaran jarak jauh dalam menanamkan kemandirian belajar siswa tentunya harus didukung oleh perencanaan yang baik sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai tujuan, kemudian guru dapat melakukan evaluasi mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan, terlebih dimasa pandemi covid-19 ini tentu bidang pendidikan mengalami perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, serta evaluasi guru pada pembelajaran jarak jauh dalam menanamkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian peran guru pada pembelajaran jarak jauh dalam menanamkan kemandirian belajar siswa di UPTD SDN 4 Kedokanagung Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Secara umum dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian tentang peran guru pada pembelajaran jarak jauh dalam menanamkan kemandirian belajar siswa di UPTD SDN 4 Kedokanagung Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu sangat mempengaruhi kemandirian belajar siswa selama pembelajaran jarak jauh sehingga diperlukan kerjasama yang baik antara guru dan orangtua peserta didik.

Keywords

Peran guru, pembelajaran jarak jauh, kemandirian belajar siswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.