Efektivitas dan Kebermanfaatan Modul Belajar Mandiri Calon Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja)

Palupi Raraswati, Meliyanti Meliyanti, Sani Aryanto

Abstract

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menginisiasi pengembangan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Belajar Mandiri Calon Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerjasama (PPPK) sebagai sarana untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri, mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan serta diharapkan menjadi salah satu alternatif pilihan bahan penunjang pembelajaran yang tepat dalam menyiapkan ujian ASN PPPK. Secara praktek, digitalisasi modul PPPK dilakukan melalui dua jalur, yaitu melalui laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ dan melalui flashdisk yang berisi konten modul digital. Hal ini dipandang sebagai bentuk upaya untuk mendistribusikan konten ke sekolah-sekolah yang berada di daerah tertinggal karena meskipun responden menunjukkan hasil yang memuaskan terhadap modul, proses distribusi sering dianggap sebagai salah satu tantangan yang signifikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kegunaan modul pembelajaran mandiri yang disusun oleh Direktorat Jenderal. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan melibatkan 5941 responden di seluruh Indonesia yang terdiri dari kalangan guru, tenaga kependidikan, dan beberapa pihak dari Dinas Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menganggap modul belajar mandiri sangat membantu mempersiapkan calon PNS menghadapi ujian.

Keywords

Modul Belajar Mandiri; PPPK; Guru

References

Balkis, A. S., & Masykur, A. M. (2016). Memahami Subjective Well-Being Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Empati, 5(2), 223–228. https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i2.37022

Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan E-Modul untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Creswell, J. W.(2014). Reasearch Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approaches. London: Sage

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375

Hanamunika, G., Sari, D. S., & Dai, R. M. (2020). Implementasi Kebijakan Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung. Responsive, 3(3), 143–154.

Juliani, H. (2019). Diskresi Dalam Rekrutmen Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil Setelah Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja. Administrative Law and Governance Journal, 2(2), 314–325. https://doi.org/10.14710/alj.v2i2.314-325

Lohida, L. (2015). Analisis Komparasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Dalam Paradigma Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Jurnal Civil Service, 9(2), 45–53.

Mahaputra, A. B., Wairocana, I. G. N., & Satyawati, N. G. A. D. (2014). Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (Pppk) Dalam Formasi Aparatur Sipil Negara (Asn) Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014. 1–5.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1), 112–125.

Malwa, R. U. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) ( Studi Kasus : Pasal 22 tentang Hak PPPK ) di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja). Jurnal Pemerintahan Dan Politik Global, 04(02), 46–49.

Meiza, C. (2016). Perbedaan Kebahagiaan Pada Guru Berstatus Pns Dan Honorer. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 9(2), 97461. https://doi.org/10.35760/psi

Mulyasa. (2013). Menjadi guru profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria, 5(2), 1–14.

Pujiraharjo, H. S. (2015). Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK): Solusi dalam Rekruitmen Pegawai dari Pegawai Non PNS ASN. Jurnal Civil Service, 9(2), 21–30. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/view/49

Ramadhani, D. A. (2020). Perlindungan Hukum Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (Pppk) Dalam Konsep Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Di Institusi Perguruan Tinggi. Jurnal Yuridis, 7(1), 1. https://doi.org/10.35586/jyur.v7i1.1308

Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731

Solikin, I. (2018). Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 492–497. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.393

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830

Sumantoro, I. B. (2019). Kategorisasi PNS dan PPPK dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN ditinjau dari Sudut Pandang Transisi Kepegawaian. Jurnal Bisnis Darmajaya, 4(2), 27–33.

Wulandari, I. A. P., Ibrahim, R., & Suardita, I. K. (2019). Kedudukan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian (PPPK) Kerja Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. E-Journal Universitas Udayana, 5.

Yurikosari, A. (2016). the Ambivalent of Status and Position of Government Employee With Employment Agreement Based on the Law of Civil State Apparatus and Law of Employment in Indonesia (the Study of Honorary Employees’ Position At Government Institution After the Enactment of. 1–16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.