Identifikasi Profil Literasi Sains Mahasiswa PGSD
Abstract
Literasi sains merupakan kompetensi untuk memahami lingkungan hidup dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur literasi sains mahasiswa dari Papua di Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sanata Dharma (PGSD USD). Jenis penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II PGSD jalur kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Papua sebanyak 72 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah voluntary sampling design dengan 66 responden terlibat. Instrumen yang digunakan berupa soal tes literasi sains yang dikembangkan berdasarkan kompetensi utama literasi sains yang direkomendasikan PISA 2018 dan telah divalidasi dengan skor 3,68 (kategori sangat baik). Rata-rata skor literasi sains seluruh sampel adalah 51,93 (kategori rendah). Kompetensi literasi sains tertinggi dengan jumlah skor 141,87 (maks.198) adalah menjelaskan fenomena secara ilmiah. Sedangkan kompetensi yang terendah dengan jumlah skor 94,9 (maks 198) adalah kemampuan menginterpretasi data dan fakta secara ilmiah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bagasta, A. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di Salah Satu SMA Negeri Kota Sragen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 121–129
Budiarti, I. S. (2021). Analysis on students’ scientific literacy of Newton’s law and motion system in living things. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 36–51. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18470
Fadlika, R. H., Mulyani, R., & Dewi, T. N. S. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 104. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2326
Hendri, S., & Hasriani. (2019). Identifikasi Literasi Sains Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa STISIP Amal Ilmiah Yapis Wamena). Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 95. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7117
Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2019). ANALISIS PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP/MTs DI KABUPATEN PATI. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601
Ilsadiati, Mislinawati, T. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA di SD Negeri Unggul Lampeuneuryt Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 27–35
Limiansih, K. (2021). PEMBELAJARAN SAINS TINGKAT SD DI PAPUA: REFLEKSI MAHASISWA PGSD. SNFKIP 2021: Pendidikan Bagi Masyarakat Di Daerah 3T, 66–80
Listiani, I. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Science Technology Society (Sts) Disertai Dengan Mind Map (Mm) Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(01), 112–128. https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.328
Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10123
Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. In OECD.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widiyati, D., Sumantri, M. S., & Lestari, I. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Swasta Adik Irma Kecamatan Tebet). Prosiding Seminar Dan …, 1–7. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17757
Widya, R., & Sanjaya, K. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Bounded Inquiry Lab Untuk. Jurnal Inkuiri, 6(3), 1–16
Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., & Dkk. (2016). DESAIN INDUK GERAKAN LITERASI SEKOLAH. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 1)
Winata, A. (2018). KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V. Jtiee, 2(1), 58–64
Windyariani, S. (2018). KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SD PADA KONTEKS MELESTARIKAN CAPUNG. BIOSFER JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI, 10(1), 17–21. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.3
Wulandari, N., & Wulandari, N. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa Smp Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762
Refbacks
- There are currently no refbacks.