Identifikasi Profil Literasi Sains Mahasiswa PGSD

Kintan Limiansih, Maria Melani Ika Susanti

Abstract

Literasi sains merupakan kompetensi untuk memahami lingkungan hidup dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur literasi sains mahasiswa dari Papua di Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sanata Dharma (PGSD USD). Jenis penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II PGSD jalur kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Papua sebanyak 72 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah voluntary sampling design dengan 66 responden terlibat. Instrumen yang digunakan berupa soal tes literasi sains yang dikembangkan berdasarkan kompetensi utama literasi sains yang direkomendasikan PISA 2018 dan telah divalidasi dengan skor 3,68 (kategori sangat baik). Rata-rata skor literasi sains seluruh sampel adalah 51,93 (kategori rendah). Kompetensi literasi sains tertinggi dengan jumlah skor 141,87 (maks.198) adalah menjelaskan fenomena secara ilmiah. Sedangkan kompetensi yang terendah dengan jumlah skor 94,9 (maks 198) adalah kemampuan menginterpretasi data dan fakta secara ilmiah.

Keywords

literasi sains, mahasiswa, Papua

References

Bagasta, A. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di Salah Satu SMA Negeri Kota Sragen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 121–129

Budiarti, I. S. (2021). Analysis on students’ scientific literacy of Newton’s law and motion system in living things. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 36–51. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18470

Fadlika, R. H., Mulyani, R., & Dewi, T. N. S. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 104. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2326

Hendri, S., & Hasriani. (2019). Identifikasi Literasi Sains Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa STISIP Amal Ilmiah Yapis Wamena). Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 95. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7117

Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2019). ANALISIS PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP/MTs DI KABUPATEN PATI. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601

Ilsadiati, Mislinawati, T. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA di SD Negeri Unggul Lampeuneuryt Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 27–35

Limiansih, K. (2021). PEMBELAJARAN SAINS TINGKAT SD DI PAPUA: REFLEKSI MAHASISWA PGSD. SNFKIP 2021: Pendidikan Bagi Masyarakat Di Daerah 3T, 66–80

Listiani, I. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Science Technology Society (Sts) Disertai Dengan Mind Map (Mm) Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(01), 112–128. https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.328

Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10123

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. In OECD.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widiyati, D., Sumantri, M. S., & Lestari, I. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Swasta Adik Irma Kecamatan Tebet). Prosiding Seminar Dan …, 1–7. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17757

Widya, R., & Sanjaya, K. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Bounded Inquiry Lab Untuk. Jurnal Inkuiri, 6(3), 1–16

Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., & Dkk. (2016). DESAIN INDUK GERAKAN LITERASI SEKOLAH. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 1)

Winata, A. (2018). KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V. Jtiee, 2(1), 58–64

Windyariani, S. (2018). KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SD PADA KONTEKS MELESTARIKAN CAPUNG. BIOSFER JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI, 10(1), 17–21. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.3

Wulandari, N., & Wulandari, N. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa Smp Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.