Perbandingan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Contextual Teaching Learning

Suparti Suparti, Retno Winarni, Tri Dyah Prastiti

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN Kateguhan 01 dan SDN Kateguhan 02, sejumlah 90 peserta didik.  Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematika peserta didik antara yang diajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini dimulai bulan Januari 2021 sampai dengan bulan Juni 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian komparatif. Counterbalanced Design atau desain berimbang, merupakan desain untuk memberikan perlakuan yang seimbang terhadap dua kelas eksperimen. Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pendekatan Realistic Mathematic Education nilai rata-rata 77,13.  Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, nilai rata-rata 76,77. Berdasarkan hasil analisis data, tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan pendekatan Realistic Mathematic Education dan Contektual Teaching and Learning. Kesimpulan kedua pendekatan tersebut sama-sama baik, dan dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar matematika menjadi lebih baik.

Keywords

CTL, hasil belajar, motivasi belajar, RME

References

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gunung Persada (GP) Press.

Kartika, D. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan PendekatanContextual Teachind and Learning (CTL) dan Realistic Mathematic Education (RME) di SMPN 12 Kota Jambi.

Diunduh tanggal 15 September 2021.https://repository.unja.ac.id/10352/

Kurikulum. 2004. Fungsi pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Misni, C. 2017. Perbandingan Hasil belajar Matematika Dengan menggunakan strategi

Contextual Teaching and Learning (CTL) Dan Pembelajaran Matematika

Realistik (PMR) pada materi persamaan linear Satu variabel peserta didik kelas VII MTSN Banjar Selatan. Diunduh tanggal 16 September 2021. https://idr.uin-antasari.ac.id/7487/

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Pendidik. Bogor: Ghalia Indonesia. Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sardiman. 2011. Interaksi dan .Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode penelitian. Yogyakarta: Teras.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.