Implementasi Sifat Nabi dalam Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah Dasar

Muhammad Nasri Dini, Syamsul Bakri

Abstract

Abstract

A leader must apply the knowledge of leadership in order to carry out his leadership well. One type of leadership in Islam is leadership based on the personality traits of the prophet. This study will describe how the implementation of prophetic traits in educational leadership in elementary schools. The research was conducted at SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Sukoharjo. The method used in this research is a qualitative descriptive method with a case study research design. The resource person for this research is the principal of the school. The technique used in collecting data in this research is the technique of interview, observation, and documentation. Then the data obtained was then analyzed by data reduction techniques, data presentation, and data verification. The results of this study indicate that the mandatory traits of the Prophet Muhammad have been tried to be implemented by the school principal in educational leadership at SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Sukoharjo. The characteristics of the Prophet are: sidiq (honest), amanah (trustworthy), tabligh (communicative) and fathanah (intelligent). The conclusion of this study is that the nature of the prophet has been implemented in SD Muhammadiyah Imam Syuhodo.

Keywords: Implementation, Prophetic Traits, Educational Leadership

 

Abstrak

Seorang pemimpin harus menerapkan ilmu kepemimpinan agar dapat menjalankan kepemimpinannya tersebut dengan baik. Salah satu tipe kepemimpinan dalam Islam adalah kepemimpinan berbasis sifat-sifat kepribadian nabi. Penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana implementasi sifat-sifat nabi dalam kepemimpinan pendidikan di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Narasumber penelitian ini adalah kepala sekolah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sifat-sifat wajib Nabi Muhammad sudah berusaha diimplementasikan oleh kepala sekolah dalam kepemimpinan pendidikan di SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Sukoharjo. Adapun sifat-sifat Nabi tersebut yaitu: sidiq (jujur), amanah (terpercaya), tabligh (komunikatif) dan fathanah (cerdas). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa sifat nabi sudah diimplementasikan di SD Muhammadiyah Imam Syuhodo.

Kata kunci: Implementasi, Sifat Nabi, Kepemimpinan Pendidikan

References

Abdussomad, K. M. (2009). Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (M. Faishol (ed.)). Surabaya. Khalista. Amalia, I. (2015). Implementasi Nilai Tabligh Pada Tenaga Pengajar Dalam Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Aliyah Negeri Mojokerto. JESTT, 2(10), 828–849. Anwar, A. (2017). Tipe Kepemimpinan Profetik Konsep Dan Implementasinya Dalam Kepemimpinan Di Perpustakaan. Pustakaloka, 9(1), 69–82. Bakar, D. H. Y. A. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5231 Djunaedi, A. F. (2005). Filosofi dan Etika Kepemimpinan dalam Islam. Al-Mawarid, 13(0), 54–66. http://journal.uii.ac.id/JHI/article/view/2807 Entrinasari, F. V. (2020). Implementasi strategis manajemen sumber daya manusia perspektif al-qur ’an. Insania, 25(2), 1–13. Fadhli, M. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik Dalam Lembaga Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 116–127. Fatonah, I. (2013). Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Tarbawiyah, 10(2), 109–125. Kompas.com. (2021). Korupsi Dana BOS Rp 839 Juta, Kepala Sekolah dan Bendahara Ditetapkan Tersangka. https://regional.kompas.com/read/2021/07/02/102739478/korupsi-Dana-Bos-Rp-839-Juta-Kepala-Sekolah-Dan-Bendahara-Ditetapkan?page=all. https://regional.kompas.com/read/2021/07/02/102739478/korupsi-dana-bos-rp-839-juta-kepala-sekolah-dan-bendahara-ditetapkan?page=all Luthfi, M. (2019). Implementasi Kepemimpinan Profetik Di Pondok Pesantren Nurul Huda Pesanggrahan Desa Kretek Kecamatan Paguyangan Brebes. IAIN Purwokerto. Maulana, A. H. (2019). Kepemimpinan Profetik Islam oleh Kepala madrasah. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 26–31. Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Musyrifin, Z. (2020). Implementasi Sifat-Sifat Rasulullah Dalam Konseling Behavioral. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11, 151–159. Nasukah, B. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik di Lembaga Pendidikan Islam. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(1), 52–68. Purwanto, N. A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan, Kepala Sekolah sebagai Manager dan Leader. Yogyakarta. Interlude. Permendikbud No 6, (2018). Sakdiyah. (2016). Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam (Kajian Historis Filosofis ) Sifat-Sifat Rasulullah. Al Bayan, 22, 29–49. Siyoto, D. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Literasi Media Publishing. Srinadila, R. (2019). Kepemimpinan Pendidikan. 1–5. https://doi.org/10.31227/osf.io/6yqxm Tyas, N. R. (2019). Model Kepemimpinan Pendidikan Nabi Muhammad SAW. IAIN Ponorogo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.