Daya Saing Mahasiswa dan Mahasiswi di Kawasan Perbatasan Mengikuti Perkuliahan Online Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Naratif-Kualitatif)

Desy Irsalina Savitri, Nindya Adiasti, Mety Toding Bua, Sucahyo Mas'an Al-Wahid, Ady Saputra

Abstract

Tahun 2018 merupakan tahun digencarkannya pembelajaran 4.0 dan society 5.0 yang mengandalkan jejaring sosial melalui jalur daring. Sejak pandemi covid terhitung awal tahun 2020 dan sejak diturukan peraturan dari Kemendikbud tentang perkuliahan tatap muka menjadi perkuliahan online mau tidak mau hampir semua kalangan masyarakat akhirnya memelajari hal tersebut. Banyak yang mengalami kesulitan menghadapi kondisi yang mendadak ini. Artikel ini akan membahas terkait daya saing/kompetitif mahasiswa PGSD mengikuti kuliah online yang berbasis pembelajaran 4.0 di Universitas Borneo Tarakan di masa pandemi covid 19 yang awalnya tatap muka menjadi perkuliahan online dari rumah. Artikel ini di  lihat dari sudut pandang kualitatif, menggunakan pendekatan analisis naratif. Paparan data analisis akan dijelaskan dalam bentuk naratif. Hasilnya terdapat perbedaan signifikan antara daya saing mahasiswa dan mahasiswi mengikuti perkuliahan online, dari angkatan 2019 kelas A dan C. Banyak kendala yang mereka hadapi namun persentase potensi kompetitif mahasiswi PGSD lebih besar dibandinkan mahasiswa dalam mengikuti menghadapi kendala pada proses perkuliahan online. Jika dilihat dari motivasi koordinasi dengan kelompok mahasiswa perempuan jurusan ini dapat dikatakan cukup baik. Berbeda dengan mahsiswa laki-laki sejak sebelum pembelajaran daring memang agak sulit termotivasi untuk memperoleh prestasi akademik maupun non akademik. Hanya masih membutuhkan motivasi lebih dari pihak ekstern (Keluarga, Lingkungan Belajar dan Dosen)

Keywords

Pembelajaran online, daya saing mahasiswa, kawasan perbatasan

References

Ahmadi, F. dan Ibda, H. 2019. Konsep dan aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Semarang: CV. Pilar Nusantara

Anwar, M. H. M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenada media Grup.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Elihami, E. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam meningkatkan Higher Of Think Mahasiswa Berbasis Kampus Merdeka. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 79- 86.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan Spotlight Special Article 2. https://www.jef.or.jp/journal/

Gladden, M. E. (2019). Who will be the members of society 5.0 Towards an anthropology of technologically posthumanized future societies. Socai Science, 8(5), 148.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.

Moleong, L.J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya

Maggioli. (2004). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Markos, S., & Sridevi, M. S. (2010). Employee Engagement: The Key to Improving Performance. International Journal of Busniness and Management, 5(12).

Muda, I., Rafiki, A., & Harahap, M. R. (2014). Factors Influencing Employees Performance: A Study on the Islamic Banks in Indonesia. International Journal of Business and Social Science, 5(2).

Nadeem, & et.al. (2011). Teacher’s Competencies and Factors Affecting the Performance of Female Teachers in Bahawalpur (Southern Punjab) Pakistan. International Journal of Business and Social Science 2 (19), 218.

Ondi, S., & Aris, S. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: Rafika Aditama.

Savitri, D. I. (2019). Penggunaan pembelajaran 4.0 berbantuan aplikasi google classroom dan google form dalam mata kuliah ilmu sosial budaya dasar. Jurnal Borneo Saintek, 2(1), 20-25.

Savitri, D. I. (2020, March). Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2).

Sutrisno, A., dkk. (2020). Pengantar Sosial Ekonomi dan Budaya Kawasan Perbatasan. Malang; Inteligensiamedia PT. Cita Intrans Selaras.

Saleh, F., Dzulkifli, Z., Abdullah, W. A., & Yaakob, N. M. (2011). The Effect of Motivation on Job Performance of State Government Employees in Malaysia. International Journal of Humanities and Science, 1(4).

Soewarni, E. (2004). Kebijakan Pedoman Pengembangan Profesi. Jakarta: Rajawali Press.

Sudrajat, A. 2008. Teori-teori motivasi Tentang Pendidikan. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/06/teori-teori-motivasi/

Susanto, N.H. & 2018. Mengurai Problematika Pendidikan Nasional Berbasis teori Motivasi Abraham Maslow dan David Mc.Clelland. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan47(1). Universitas Negeri Semarang

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.