Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Pembelajaran Geometri Secara Online pada Mahasiswa PGSD di Masa Pandemi Covid-19

Wahyudi Wahyudi, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Masa pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara online dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah  PjBL, (2) meningkatkan pembelajaran Geometri, dan (3) menemukan kendala dan solusi penerapan PjBL pada pembelajaran Geometri secara online. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 4 langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan  refleksi. Subjek penelitian ini  adalah 120 mahasiswa PGSD FKIP UNS Kampus Kebumen Tahun Akademik 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes.  Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Langkah penerapan PjBL pada pembelajaran meliputi (a) penyajian masalah, (b) perencanaan projek, (c) penyusunan jadwal kegiatan projek, (d) monitoring pelaksanaan projek, (e) presentasi hasil projek, (f) evaluasi hasil projek; (2) Penerapan PjBL dapat meningkatkan pembelajaran Geometri dan (3) Kendala penerapan PjBL adalah (1) sumber belajar masih kurang, (2) kemandirian belajar mahasiswa belum optimal. Aternatif solusinya yaitu (1) menyediakan sumber belajar yang memadai, (2) memonitor kegiatan belajar secara berkala. Simpulan penelitian adalah PjBL dapat meningkatkan pembelajaran geometri secara online pada mahasiswa. Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan keaktifan  mahasiswa serta mewujudkan pembelajaran yang lebih variatif.

Keywords

Project Based Learaning, Geometri

References

Arikunto, S. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. Bintoro, Totok. 2014. Pengembangan Kurikulum LPTK & Kaitannya dengan KKNI. Makalah disampaikan pada lokakarya Desain KurikuluLPTK Berkelanjutan PPG dengan Mengacu KKI di Universitas Muhammadiyah Surakarta, 10 April 2014. Eggen, P.D., & Kauchak D. P. 2006. Strategies for teachers: Teaching content and thinking skills. Boston: Allyn & Bacon. Hapsari, D.I; Gamaliel S.A; Susiani. 2019. Penerapan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan JARTIKA. 2 (1) 102 – 112. Hidayah, N; Satrianawati. 2017. Pengembangan Model Project Based Learning terhadap Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal AdMathEdu. 7 (2) 157 – 176. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Info Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI [Internet]. 2020 [updated 2020 March 30; cited 2020 March 31]. Available from: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/ Lambertus., Bey, A., Anggo, M., Fahinu., Sudia M., & Kadir. (2014) Developing Skills Resolution Mathematical Primary School Students. International Journal of Education and Researc. 2 (10) 601-614. Mahendra I. W. E. (2017) Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 6 (1), 111-112 Mayangsari, Sizillia Noranda. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Project Based Learning (Pjbl). LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah. 19 (2) 33 – 43) Miles, Mattew B. & Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia. Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu (Teori & Praktik Terbaik di Sekolah). Bandung: PT Refika Aditama. Prabowo, Ardi. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar. Kreano, Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA UNNES. 3 (2) 1 – 9. Sani. R, A. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara Surat Edaran Rektor UNS No: 13/UN27/SE/2020 tanggal 26 Maret 2020 tentang Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Aktifitas di Kampus Universitas Sebelas Maret. Surat Edaran Rektor UNS No: 14/UN27/Se/2020 tanggal 26 Maret 2020 tentang Penyesuaian Perkuliahan, Pembimbingan, Ujian Tengah Semester, Ujian Tugas Akhir, Magang, Skripsi, Tesis, dan Disertasi di Universitas Sebelas Maret. Wadji, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 17 (1) 81-97. Wena & Made. (2011). Strategi pmbelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara. Winarni (2019) Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menggunakan Huruf Kapital Malalui Penerapan model Pjbl di SDIT Izzatul Islam Getasan. Jurnal Manajemen Pendidikan. 14 (1) 22-23. World Health Organization. Situation Report – 42 [Internet]. 2020 [updated 2020 March 02; cited 2020 March 15]. Available from: https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200302-sitrep-42-covid-19. pdf?sfvrsn=224c1add_2. World Health Organization. Naming the coronavirus disease (COVID-19) and the virus that causes it [Internet]. Geneva: World Health Organization; 2020 [cited 2020 March 29]. Available from: https://www.who.int/emergencies/diseases/novelcoronavirus-2019/technical-guidance/naming-the-coronavirusdisease-(covid-2019)-and-the-virus-that-causes-it. World Health Organization. Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation Report – 70 [Internet]. WHO; 2020 [updated 2020 March 30; cited 2020 March 31]. Available from: https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200330sitrep-70-covid-19.pdf?sfvrsn=7e0fe3f8_2 Zhou, N. 2005. Four ‘Pillars of Learning’for the Reorientation and eorganization of Curriculum: Reflections and Discussions. AsiaPacific Programme of Educational Innovation for Development (APEID), at UNECO Asia and Pacific Regional Bureau. (Online), (http://www.be.unesco.org/cops/Competencies/PillarsLearningZhou.pdf), diakses 18 Januari 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.