Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Mitia Arizka Wardani, Aiman Faiz, Dewi Yuningsih

Abstract

Kurangnya partisipatif aktif siswa dan kesulitan guru dalam menyampaikan konsep materi pelajaran IPA yang bersifat abstrak disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya belum teraplikasinya penggunaan media dalam proses pembelajaran sehingga materi yang disampaikan bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan memvalidasi produk berbentuk media pembelajaran yang interaktif dengan konsep ebook melalui pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA di kelas IV. Penelitian ini mengadopsi konsep pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono dari tahap satu sampai tahap enam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jatipamor I. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kuesioner skala likert dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian validasi ahli menunjukkan bahwa media interaktif berbasis ebook melalui pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA kelas IV dapat dikatakan sangat layak oleh pakar sesuai dengan indikator kelayakan media dan materi. Adapun pada tahap uji coba skala kecil, media yang dikembangkan juga memperoleh respon yang sangat baik dari guru maupun siswa. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis ebook diharapkan menjadi salah satu alternatif pembelajaran agar konsep dalam materi IPA bisa tersampaikan dengan baik

Keywords

Media interaktif, berbasis ebook, pendekatan SAVI

References

Anggraini, D. R. (2018). Pengembangan E-Modul Materi Energi Dan Perubahannya Dengan Pendekatan SAINTIFIK Kelas IV SD/MI. Skripsi FTIK Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung: tidak diterbitkan. Batubara, H. . (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing. Budiyanto, A. (2013). Penerapan Pendekatan Somatic Auditory Visual Intelegency (SAVI) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas IVA SDN Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Skripsi FIP Universitas Negeri Semarang: tidak diterbitkan. Ernawati, I. dan Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaan Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronic, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. Fahrudiin, I. (2020). Analisis Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 5(2), 65–82. Faiz, A. (2021). PERAN FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CALON PENDIDIK DI ABAD-21. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 131–135. Faiz, A., Purwati, P., & Kurniawaty, I. (2020). Construction of Prosocial Empathy Values Through Project Based Learning Methods Based on Social Experiments (Study of Discovering Cultural Themes in the Sumber-Cirebon Society). Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 51–62. https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6220 Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, Volume 5(4), 1766–1777. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014 Herawati. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1), 28–36. Istiqomah, N. dan Kusuma, A. . (2019). Pembelajaran Blended Learning Matematika di Era Generasi Alpha. Prosiding Sendika, 5(1), 595–600. Jannah, N., Fadiawati, N., dan Tania, L. (2017). Pengembangan Ebook Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 186–198. Lukitawati, P. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT (Information And Comunication Technology) Melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) Pada Materi Geometri Transformasi Kelas VII di SMP Ma’had Islam Pekalongan. Delta, 2(2), 42–50. Madang, K. Santoso, L.M. dan Pasela, W. . (2017). Pengembangan Pendekatan Somatik, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(1), 71–78. Nefrita. (2019). Implementation Of PHET Learning Media In Efforts To Improve Activities And Physics Learning Outcome Of Students In Class XI SMA 4 Pekanbaru. Geliga Sains, 7(1), 46–54. Novianti, D. . (2015). Pengembangan Modul Akuntansi Aves Tetap berbasis pendekatan saintifik sebagai pendukung implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–9. Putri, G.H., Panjaitan, R.L., dan Sujana, A. (2017). Penerapan Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Mempengaruhi Gerak dan Bentuk Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 361–370. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Suryani, W. dan S. (2012). Pengembangan E-book Interaktif Pada Materi Pokok Elektrokimia Kelas XII SMA. Unesa Journal of Chemica Education, 1(2), 54–62. Syafitri, D. . (2020). Pengembangan Aplikasi E-Book Kesan Koba Kebudayaan Dan Kekhasan Kota Batu Sebagai Media Pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Kelas IV. Skripsi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang: tidak diterbitkan. Wedyawati, N. dan Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish. Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group. Yogiswara, S. . (2019). Pengembangan Modul Berbasis E-Book Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. Skripsi FMIPA Univeristas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.