Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Aan Widiyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV semester ganjil di SDN Plosokerep. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua Siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 24 siswa siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis pada setiap akhir siklus. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil ketuntasan belajar siswa dari siklus I sejumlah 87,50% dan siklus II sejumlah 100%. Rata-rata nilai pada siklus I mencapai nilai 75,41 dan naik menjadi 84,16 di siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA secara optimal sehingga siswa lebih antusias, termotivasi, dan pemahaman materi lebih baik. Aspek-aspek TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) dalam quantum teaching dapat memberikan pengalaman belajar, menemukan konsep, dan membuat siswa lebih terampil dalam memilih langkah yang dipakai pada setiap pemecahan masalah IPA.

Keywords

Quantum teaching, Hasil Belajar, IPA

References

Aka, Kukuh Andri. 2016. “Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn.” Jurnal Pedagogia (1):35–46.

Chalidazia Ananda Nasution, Pintor Simamora. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Menggunakan Real Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Pengukuran Di Kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A 2018/2019.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI) 9(2):8–13.

Gene D. Shepherd, William Burk Ragan. 1992. Modern Elementary Curriculum. Canada: CBS College Publishing.

Harnoto, Basuki Tri, Rahyu Setiani, B. Widuroyekti, and Dwi Sambada. 2021. “The Implementation of the Quantum Teaching Strategy with Multiple Intelligence Approach at State Senior High School.” IJORER : International Journal of Recent Educational Research 2(1):73–85.

Hartati, Hery. 2021. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Media Visual.” Journal of Education Action Research 5(1):102–8.

Hasanah, Uswatun, and Agus Kamaludin. 2021. “The Influence of Quantum Teaching and Learning ( QTL ) Model on Interests and Learning Outcomes of Chemistry.” Jurnal Pendidikan Sains (JPS) 9(1):97–103.

Hildegardis Missa, Anselmus Boy Baunsele. 2021. “Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Katolik Sint Aloysius Niki-Niki Kabupaten Timor Tengah Selatan.” EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains 5(2):93–104.

I Ketut Trimawan, Ign. I Wayan Suwatra, I. Gede Margunayasa. 2014. “Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Kadir, Abdul. 2016. “Perbandingan Pengetahuan Lingkungan Dan Sikap Peserta Didik Dalam Penerapan Model Pembelajaran Sets Dan Konvensional.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 11(2):1–18.

Murnawan, I. Ketut. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Journal of Education Action Research 5(2):254–62.

Nanda Safarati, Fatma Zuhra. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Edukasi Matematika Dan SAINS 1(1):33–37.

Nurdyansyah, Nurdyansyah. 2016. “Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo.” Jurnal Tekpen 1(2).

Nurhaty Purnama Sari, Destarian Sudirman. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Penggunaan Media Lingkungan.” EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA 6(1):62–68.

Nurlaela, Aris Doyan, I. Wayan Gunada. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Mia SMA Negeri 2 Labuapi.” ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika 7:199–204.

Padmara, Thomas Yuli, Agnes Herlina, Dwi Hadiyanti, and Albertus Saptoro. 2021. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Implementasi Model Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Hasil Belajar Siswa.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan (1):332–43.

Purba, Tuty Novelindah. 2021. “Implementasi Metode Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 3(1):45–54. doi: 10.35316/alifmatika.2021.v3i1.45-54.

Ramadhan, Taufik, M. Arifuddin, Program Studi, Pendidikan Fisika, and Fakultas Keguruan. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Model Quantum Teaching Pada Materi Fluida Statis Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa How to Cite : Ramadhan , T ., Arifuddin , M ., & Mastuang , M . Statis Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa . Jurnal Ilmiah Pen.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 4(3):99–110.

Ridha Ahsanul Fitri, Fachri Adnan, Irdamurni. 2021. “Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1):88–101.

Sanjaya, Wina. 2019. “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.”

Saputro, Birawan Cahyo. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Dengan Metode Inquiri Pada Kelas V Semester II SDN Sumogawe 04.” E-Jurnal Mitra Pendidikan 1(9):925–37.

Suharsimi, Arikunto. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta 120–23.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. “Metode Penelitian Pendidikan.” Bandung: Remaja Rosda Karya 169–70.

Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA SD Dan Penerapannya Dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Vivi Mairina, Risda Amini. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kuantum Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(2):784–88.

Wahyuning, Dwi Aisyah, Muhana Gipayana, and Ery Tri Djatmika. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Bercirikan Quantum Teaching Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Efektif Dan Produktif.” Jurnal Pendidikan 2. Nomer 5:667–75.

Widiyono, Aan. 2015. “Hubungan Minat Belajar, Disiplin Belajar, Dan Lingkungan Belajar Dengan Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah IPA Kelas V SD Negeri Se-Gugus 3 Depok.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Widiyono, Aan. 2020. “Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group Terhadap Hasil Belajar IPA SD Di Masa Pandemi Covid-19.” P. Vol.5, No.1 in Seminar Nasional Pendidikan Dasar. UPI.

Yeniverawatiwote, Alice. 2020. “Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Journal of Education Technology 4:96–102.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.