Penggunaan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 009 Tarakan

Suyadi Suyadi, Riska Putri Sari

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan guru dalam penggunaan metode suku kata (syallabic methoad) pada siswa kelas I-B di SDN 009 Tarakan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan desain atau tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa sebanyak 28 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes lisan membaca permulaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode suku kata (syllabic method) dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan ditandai dengan terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada setiap siklus. Pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan sebesar 65%. Pada siklus II mengalami peningkatan, hasil tes kemampuan membaca permulaan sebesar 73%. Metode suku kata (Syllabic Methoad) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 009 Tarakan.

Keywords

siswa; metode suku kata; kemampuan membaca permulaan

References

Alfiah, F., & Umar, S. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i1.25087

Ayu, Q. R., & Sudarsini. (2016). Metode Syllabic untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Autis. 2(1984), 21–23.

Basuki, B. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dengan Pelabelan Objek Sekitar (POS) untuk Murid taman Kanak-Kanak. DEEPUBLISH PUBLISHER.

Díaz-Cárdenas, A. F., Díaz-Furlong, H. A., Díaz-Furlong, A., & Sankey-García, M. R. (2016). Syllabic Schemes and Knowledge of the Alphabet in Reading Acquisition: Onset or Nucleus Variation. International Education Studies, 9(11), 151. https://doi.org/10.5539/ies.v9n11p151

Ecalle, J., Kleinsz, N., & Magnan, A. (2013). Computer-assisted learning in young poor readers: The effect of grapho-syllabic training on the development of word reading and reading comprehension. Computers in Human Behavior, 29(4), 1368–1376. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.01.041

Efendi, R., & History, A. (2017). Penerapan metode silaba untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia. II(2), 288–299.

Furoidah, R. R. F., & Rohinah. (2019). Implementasi Metode Suku Kata ( Syllabic Method ) dalam Pembiasaan Membaca Awal Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK IT Salsabila Al- Muthi ’ in Banguntapan. Pendidikan.

Güldenoğlu, B. (2016). The effects of syllable-awareness skills on the word-reading performances of students reading in a transparent orthography. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(3), 425–442.

Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan di SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190–200. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/550/551

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.765

Herdianingsih, M. F., Wahyuno, E., & Pramono, P. (2019). Syllabic Method dalam Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 39–43. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p039

Hidayah, W. N., & Nawawi, A. (2017). Metode Suku Kata Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Peserta Didik Low Vision. Jassi Anakku, 18(2), 77–83.

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301

Muhyidin, A. (2017). PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN BAHASA INDONESIA DI KELAS AWAL. BAHTERA :Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15.

Müller, B., Richter, T., & Karageorgos, P. (2020). Syllable-based reading improvement: Effects on word reading and reading comprehension in Grade 2. Learning and Instruction, 66(January), 101304. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101304

Mustikawati, R. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata ( Syllabic Method ) Pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2(1), 41–56.

Nainggolan, M. F., & Rahdiani, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Syllabic Method. Jurnal TEKESNOS, 2(1), 49–56.

Nurhyati, Sugiyono, & Uliyant, E. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SUKU KATA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5.

Rusminiati, Halidjah, S., & Tahmid Sabri. (2018). Peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan media kubus suku kata siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–11.

Setiyoso, H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2020). MELALUI METODE SUKU KATA DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR KELAS 1 SDN 01 BULUREJO TAHUN AJARAN.

Ukrainetz, T. A., Nuspl, J. J., Wilkerson, K., & Beddes, S. R. (2011). The effects of syllable instruction on phonemic awareness in preschoolers. Early Childhood Research Quarterly, 26(1), 50–60. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2010.04.006

Yuliana. (2009). Analisis pelaksanaan bermain suku kata dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. 1–12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.