Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2019/2020

Siwi Utaminingtyas, Subaryana Subaryana, Siti Fatimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex post facto. Populasi penelitian kelas V SD se-Gugus III Kecamatan Galur tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket lingkungan keluarga dan angket minat belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis dekriptif dan  analisis regresi sederhana dan regresi berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar secara bersama-sama/simultan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar se-Gugus III Kecamatan Galur Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai R2 sebesar 45,7% dan thitung > ttabel (18,052 > 3,244) dengan taraf signifikansi 5%. Lingkungan keluarga yang memberikan perhatian pada pendidikan anaknya dengan baik dan didukung minat belajar peserta didik yang tinggi, berdampak pada semangat anak  dalam belajar, sehingga peserta didik mudah meraih hasil belajar yang memuaskan

Keywords

Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Hasil belajar Matematika

Full Text:

PDF

References

Apriyanti, M & Candrasari, A. (2011). Family’s Role And Learning Achievement Of Elementary School’s Age Children. International Journal of Social Sciences and Education. 1 (2) : 79 – 85.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arlyanty, W.N. (2017). An analysis of interest in students learning of physical chemistry experiment using Scientific approach. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series. 1 (2) : 109 – 116. Diakses pada tanggal 7 November 2020 pukul 22:47 dari https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/5130/4588.

Evitasari, A.D. & Setiyani W. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD an. 4 (2) : 483 - 491.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Durisic, M & Bunijevac, M. (2017). Parental Involvement as a Important Factor for Successful Education. CEPS Journal. 7 (3) : 137 – 153. Diakses pada tanggal 7 November 2020 pukul 22:03 dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1156936.pdf

Fitrianti, H & Nur, A.S. (2018). Structural Model External and Internal Factors that Influence Students Mathematical Learning Achievement. International Confe-rence on Science and Technology. 1 : 853 – 857.

Halim, S. (2019). Interest In Foreign Language Learning. Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature. 7(1): 134-143.

Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: role of Interest in Learning and Attitude Towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education. 1 (11), 73-100.

Kurniawan, J., Effendi Z.M., & Dwita sani. (2018). The Effect of School Environment, Family Environment and Learning Motivation on Students’ Learning Performance. Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA) volume 57.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ningrum, W.R. (2016). Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan. 17 (2) : 129 – 137.

Ricardo & Meilani, R.I. (2017). Impak Minat dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 2 (2), 188 – 201.

Rosfiani, O; Akbar, M; & Neolaka, A. (2019). Assesing Student Social Studies Learning : Effects of Learning Environment, Inquiry, And Student Learning Interest. Tarbiya Journal of Education In Muslim Society. 6 (2), 46 – 57.

Sari, D. P. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berhitung Pecahan Siswa Kelas Atas SD Negeri 1 Taruban Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2015/ 2016 (Skripsi). Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sembiring, R. Br. & Mukhtar. (2013). Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan. 6 (2), 214 -229.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman, Turmudi, Didi Suryadi, Tatang Herman, Suhendra, Sufyani, Nurjannah, dan Ade Rohayati. (2016). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Tresnati, K.N. (2016). Hubungan Lingkungan Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Di Gugus Kresna Dan Shinta Kecamatan Semarang Barat (Skripsi). Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Triarisanti, R & Pupung, P. (2019). The Influence Of Interest And Motivation On College Students’ Language And Art Appreciation Learning Outcomes. International Journal Of Education. 11 (2) : 130-135.

Williams, N.C. (2002). The Relationship of Home Environment and Kindergarten Readiness (Disertasi). Tannessee : East Tannessee State University. https://dc.etsu.edu/etd

Refbacks

  • There are currently no refbacks.