Aplikasi Pilihan Pendukung Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Prabawati Nurhabibah, Hanikah Hanikah, Hema Widiawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi pilihan pendukung pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan WhatsApp Group dinilai lebih efektif untuk mendukung pembelajaran daring. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah WhatsApp lebih diminati oleh mahasiswa PGSD karena dianggap paling murah dan mudah dibandingkan dengan aplikasi pendukung lainnya karena tidak membutuhkan kuota internet dalam jumlah besar. WhatsApp Group dapat dioperasikan secara sederhana, personal, dan aman. Berdasarkan aspek general usability aplikasi ini mampu dengan mudah untuk mengirim pesan teks maupun suara secara instan, sederhana dan pribadi. Selain itu dapat mengirim foto dan video secara instan, membuat panggilan secara gratis, serta mengirim lokasi pada pengguna lain dengan mudah.

Keywords

Pembelajaran Daring, WhatsApp Gruop

Full Text:

PDF

References

Amry, Aicha Blech. (2014). The Impact of Whatsapp Mobile Social Learning on the Achievement and Attitudes of Female Students Compared with Face to Face Learning in the Classroom. Departement of Educational Technology, Faculty of Education, Taibah University.

Bilfaqih dan Qomarudin. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Darmalaksana, Wahyudin. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Unpublished) http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30354

Irvan. (2020). Zoom aman bagi pengguna? Review kelemahan dan panduan praktis preventif. Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Bone. https://www.researchgate.net/publication/341070422_Zoom_aman_bagi_pengguna_Review_kelemahan_dan_panduan_praktis_preventif/link/5eabba7ca6fdcc70509df9dc/download

Kuntarto, E. & Asyhar, R. (2017). “Pengembangan Model Pembelajaran Blended

Learning Pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online

Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa”. Repository Unja.

Https://repository.unja.ac.id/cgi/users/ home?screen=EPrint::View&eprintid=626.

Kuntatro, Eko. (2017). “Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi” dalam jurnal Indonesian Languange Education and Literatue, Vol. 3, No.1 DOI:http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3il.1820.

Kusyarina, Nila. (2020). Sistem Belajar Daring, Anak Merdeka (Belajar/ Bermain) saat Pandemi. 10 Juni 2020: Kompasiana.

Sugandi, Budi. (2020). Belajar daring di tengah balada corona. https://www.antaranews.com/berita/1398006/belajar-daring-di-tengah-balada-corona

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alvabeta

WhatsApp. (2010). Retrieved from BlackBerry App World: WhatsApp. (2010). BlackBerry App World. R

Zukaida, Hadi. (2015). Pembelajaran Angklung melalui metode Handsign pada Mata Pelajaran Angklung di MI Al-Lathif Bandung. http://repository.upi.edu/22807/6/S_PSM_1002151_Chapter3.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.