Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Problem Based Learning di Kelas IV SDN 3 Selajambe

Junaedi Nugraha, Zulela M.S, Nurhattati Fuad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui metode problem based learning pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan  menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan,Tindakan, Observasidan Refleksi. Pengumpulan data dilakukankan menggunakan instrumen tes menulis deskripsi, lembar pemantau tindakan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan melalui metode problem based learning. Peningkatan ini dilihat dari nilai rata-rata produk dan ketuntasan belajar yang sebelumnya sebesar 61,4 dengan persentase ketuntasan hanya 36%. Peningkatan pada siklus I sebesar 69,6 dengan persentase ketuntasan belajar 60% meningkat 24%, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,6 dengan persentase ketuntasan mencapai 88% meningkat sebesar 28%. Dengan demikian pembelajaran melalui metode problem based learning dapat meningkatkan keterempilan menulis deskripsi pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan.

Keywords

keterampilan menulis, metode problem based learning

Full Text:

PDF

References

Abidin, Yunus.(2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung :Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi.(2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Atmaningsih.Dyah, Wijayanti.Aprilia, Ardiyanto.Asep,(2019).”Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung,” Mimbar PGSD Undiksha,Vol.7 (2)

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Juldianty.(2016).”Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III ,” Jurnal Pendidikan Dasar,Vol.7 (2):390.

Karim, A., Faiz, A., Parhan, M., Gumelar, A., Kurniawaty, I., Gunawan, I., … Suanah, A. (2020). Managerial leadership in green living pharmacy activities for the development of students ’ environmental care in elementary schools. Journal of Critical Reviews, 7(13), 714–719.

Kristyanawati. Martanti Dwi, Suwandi. Sarwiji,Rohmadi.Muhammad.(2019).” Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning,” Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.9 (2)

Kusrianti.Anik, Suharto,Teguh.V, (2019).”Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa ,” Linguista : Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra ,Vol.3 (2):147

Lestari Anna, Wahyudi, Chrysti.S, Kartika.(2016).“Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Tentang Cahaya Pada Siswa Kelas V SD”, Jurnal Kalam Cendekia,Vol.4,(3.1):529.

MS. Zulela,(2017).’’Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Dasar’’, Jurnal Pendidikan Dasar,Vol 8 (2):113.

Nurdin, Syarifuddin. H. Dan Adriantoni.(2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Qodriah, S. L., Hartati, W., & Karim, A. (2019). Self-leadership and career success: Motivation of college lecturers. Journal of Leadership in Organizations, 1(2), 79–95.

Rusman.(2015). Pemebelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saleh, Zulela.H.M. (2013). Terampil Menulis di Sekolah Dasar. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Semi, Atar.M. (2007). Dasar- dasar Keterampilan Menulis . Bandung : Angkasa.

Suari,Ni Putu.(2018).” Penerapan Model Pembelajaran Problem Based learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar,Vol.2 (3)

Wahyuni, Sri.(2015). “Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP”. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Vol.18 (1).

Wiguna. Sapta, Rasyid. Yumna, Purbarini. Asti,(2020).”Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Pidato melalui Model Problem Based Leraning,” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.5 (1)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.