Studi Tentang Kemampuan Penulisan Item Tes Guru Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anastasi, Anne, and Urbina, Susana.(1988). Psychological Testing 6th. New York: Macmillan Publishing Company.
Ayu Titi Nengapti. (2014). Ketidaktepatan Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Soal Ujian Akhir Semester I Bahasa Indonesia Kelas III SDN Jember Lor 05. Universitas Jember: 1 (1):1-5.
Badrun Kartowagiran dan Amat Jaidun. (2016). Model Asesmen Autentik untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP): Implementasi Asesmen Autentik di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 3(2):11-17
Brenan, Robert L. (2006). Educational Measurement. Washington:
American Council on Education Praeger.
Charles D. Hopkins dan Richard L. Antes. (1979). Classroom Testing Construction. Illionos: F. E. Peacock.
Crosker, Linda, James Algina. (1986). Introduction To Classical & Modern Test Theory. Holt, Rinehart dan Winston. Inc. New York.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Buku Panduan Pemanfaatan Hasil UN, Jakarta: Pusat Pengujian.
Fahmi. (2020). Kemampuan Guru Sd Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Kolita Atmajaya. 1(1)1-18.
Faizah, U.D., Sufyadi, S., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dirjendikmen kemdikbud.
Gibson, R. Ed. (1998). “Rethinking the Future, Memikirkan Kembali Bisnis, Prinsip, Persaingan, Kontrol dan Kompleksitas, Kepemimpinan, Pasar, dan Dunia”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gronlund, N.E., Linn, D. R.L. (1990). Measurement and assessment in teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
Hari Setiadi, (.2013). Prinsip-Prinsip dan Strategi Penilaian Dikelas. Jakarta Puspendik Balitbang Kemdikbud.
Harjasujana, A.S. (1988). “Nusantara yang Literat: Secercah Sumbang Saran terhadap Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia”. Bandung: IKIP Bandung.
Heryati, Y., dkk. (2010). Model Inovatif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Multi Kreasi Satu delapan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Kelas 3, 6, 9, dan 12. Jakarta: Puskurbuk.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Buku Panduan Pemanfaatan Pamer UN-2012, Jakarta: Pusat Penilan Pendidikan. Jakarta.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Tes Tertulis. Jakarta: Puspendik.
Lee J. Cronbach. (1960). Essentialof Psychological Testing, 3th ed, New York: Harper & Row.
Leonardo Sijabat,. (2014). Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Instrumen Tes Melalui Model Pelatihan Ssott Di Sma Dan Smk Kabupaten Dairi. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan. 3(1)1-24.
Nizam,. (2017). Panduan Penulisan Soal 2017. Jakarta: Puspendik Balitbang Kemdikbud.
Nunung Nuriyah. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Edueksos. 3(1)1-6.
Maria Ayu Dwi Lestari. (2019). Miskonsepsi IPA Biologi pada guru kelas V SD. Skripsi Universitas Sanata Dharma: 86.
Mufida Nofiana. (2015). Kualitas Penulisan Butir Soal Ujian Nasional Biologi Tahun 2014/2015 Ditinjau Dari Aspek Teoritik. Jurnal Saintifika;17(1)1-13.
Nunung Nuriyah. (2014). Evaluasi Pembelajaran Sebuah Kajian Teori. Edueksos; 3(1) 1-6.
PIRLS (2011). International Report. Performance at the PIRLS 2011. International Benchmarks TIMMS & PIRLS Report International Study Center (IEA): Lynch School of Education. Boston College.
Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal Akademik– AKM. Jakarta.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Realita,. (2019). Kompetensi Guru Min Sabang Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran; Telaah Atas Konstruksi Instrumen Penilaian Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Didaktika. 13(2) 2-19.
Santoso, Guritaningsih A. dkk.. (2000). Studi Perkembangan Kognitif Siswa SD. Jakarta: LIPI.
Setiadi, Hari. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(2)11-17
Siswandari, Susilaningsih. (2013). Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 19(4) 487-498.
Suryabrata, Sumadi. (1987). Pengembangan Tes Hasil Belajar. Jakarta: Rajawali.
Susiati, (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola “Ocf” . Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. 4(1) 17-24.
Suyono. (2011). Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Malang: Penerbit Cakrawala Indonesia.
Widodo, Slamet, dkk. (2015), Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Melatih Kemampuan Literat Siswa di Sekolah Dasar, dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21”. Sidoarjo: FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Zuchdi, D. dan Budiasih. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.
Zulkifli. (2005). Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Sekolah (Seni Rupa Dalam Materi Seni Budaya). Unimed: 4.
Refbacks
- There are currently no refbacks.